Free Ongkir Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan kota Besar di Kalimantan

Tips Tidur Sehat: 5 Langkah Demi Langkah Sleep Hygiene Yang Bisa Anda Terapkan

Tips tidur sehat menjadi salah satu tips yang semakin banyak dicari. Bukan tanpa alasan, sejak situasi pandemi melanda dunia, orang-orang semakin mengalami kesulitan untuk merasakan tidur yang nyenyak. Apalagi ditambah dengan sistem kerja yang berbeda dengan sistem kerja sebelum pandemi terjadi. Jika biasanya mereka bekerja di kantor dalam rentang waktu yang telah ditentukan, hal ini berubah karena ada protokol kesehatan yang harus diikuti. Sebagian besar populasi dunia harus mengerjakan pekerjaannya di rumah atau yang biasa kita sebut Work From Home (WFH).


Ternyata, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa jam kerja yang ditetapkan menjadi tidak berlaku. Hampir semua waktu dihabiskan untuk bekerja. Tentu hal ini menjadi salah satu penyebab stres untuk sebagian besar orang. Stres dan kelelahan akibat bekerja ini membuat banyak orang kesulitan untuk menikmati tidurnya. Ada beberapa tips tidur sehat yang juga dikenal dengan sleep hygiene. Langkah demi langkah tips ini bisa Anda coba untuk memperbaiki pola tidur Anda dan menikmati tidur yang sehat.

1. Kasur dan area kamar hanya untuk tidur, bukan yang lain

Kesalahan yang banyak dilakukan ketika orang-orang bekerja dari rumahnya adalah mereka mengerjakan pekerjaannya di dalam kamar bahkan di atas tempat tidurnya. Ini adalah kesalahan fatal yang membuat tidur Anda menjadi tidak lelap. Tips tidur sehat yang pertama adalah menghentikan kebiasan yang satu ini.


Jadikan kasur dan kamar sebagai area tempat istirahat. Bukan tempat untuk bekerja. Hindari pula kebiasaan bermain gadget di atas tempat tidur. Hal-hal ini akan membuat tubuh Anda menganggap kamar dan kasur sebagai tempat beraktivitas, bukan tempat beristirahat.

2. Buatlah jadwal tidur dan patuhi jadwal itu

Kira-kira, pada pukul berapa Anda benar-benar berhenti dari aktivitas dan bersiap untuk tidur? Tetapkan waktu ini sebagai waktu wajib Anda untuk tidur. Jika Anda terbiasa tidur pada pukul 9 malam, maka jadikan pukul 9 malam sebagai jadwal tidur Anda. Membiasakan diri untuk tidur di jam yang sama adalah tips tidur sehat yang sangat direkomendasikan oleh para ahli.

3. 8 jam per hari

Setiap orang memiliki kebutuhan waktu tidur yang berbeda-beda. Namun, secara umum waktu tidur yang dibutuhkan oleh manusia dewasa adalah selama 8 jam per hari. Ini adalah waktu tidur malam. Waktu tidur yang terlalu panjang atau pendek akan membuat bingung ritme sirkadian yang dimiliki tubuh Anda. Ritme sirkadian adalah siklus alami yang dimiliki tubuh kita. Siklus ini mengatur segala aktivitas tubuh sejak bangun tidur hingga tidur kembali.

4. Overthinking di malam hari? Lakukan ini!

Salah satu penyebab utama masalah tidur adalah overthinking. Penyebab ini banyak sekali ditemui pada orang-orang masa kini. Sulit tidur atau tidur yang tidak lelap adalah ciri khas orang-orang yang overthinking. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan hal ini:


  • Menerima perasaan dan pikiran yang muncul di dalam diri Anda
  • Mengenali perasaan dan pikiran tersebut
  • Menuliskan perasaan-perasaan dan pikiran-pikiran yang Anda miliki pada kertas

5. Gunakan selimut berat untuk melelapkan tidurmu

 

Tips tidur sehat selanjutnya adalah menggunakan selimut berat atau weighted blanket. Selimut berat dibuat dengan berat khusus yang disesuaikan dengan berat tubuh Anda. Selimut berat memberikan deep pressure stimulation berupa sensasi pelukan hangat seperti bayi yang sedang dipeluk oleh ibunya. Hal ini terbukti secara ilmiah mampu membuat tidur Anda menjadi lebih lelap. Dengan demikian, tidur Anda bisa menjadi lebih sehat.


ARTER menyediakan produk selimut berat berkualitas yang dibuat dari bahan Premium Tencel 900TC dan Katun 300TC. Bahan ini membuat Anda tidur lelap tanpa kegerahan. Gunakan selimut berat ARTER untuk tidur yang lelap sepanjang malam.