Free Ongkir Jawa, Sumatera, dan kota Besar Kalimantan.

Sebenarnya Apa Penyebab Susah Tidur? Simak Jawabannya di Sini!

 

Banyak yang bertanya sebenarnya apa penyebab susah tidur? Jawabannya bisa beragam. Pada umumnya susah tidur tidak hanya disebabkan oleh satu alasan saja. Ada berbagai alasan yang membuat seseorang mengalami susah tidur. Alasan-alasan ini bisa bersumber dari hal yang berbeda pula.


Kali ini, ARTER akan membagikan empat faktor utama yang membuat Anda menjadi penyebab susah tidur. Simak baik-baik, ya!

Coba perhatikan baik-baik, apakah ada perilaku Anda yang membuat Anda susah tidur?

Mari membuat daftar sederhana. Sembari membaca artikel, cobalah Anda membuat analisis sederhana tentang perilaku sehari-hari Anda yang mungkin menjadi alasan Anda mengalami susah tidur. Apa saja contoh perilaku sehari-hari yang menjadi penyebab susah tidur? Beberapa contohnya adalah:


    1. Terbiasa bermain gadget sebelum tidur. Perilaku ini membuat tubuh Anda tidak siap untuk beristirahat. Tubuh Anda masih dalam mode “alert” bahkan ketika Anda telah bersiap untuk tidur.
    2. Menggunakan kasur sebagai tempat bekerja atau bermain. Melakukan aktivitas lain seperti bekerja dan bermain di kasur membuat tubuh Anda mengidentifikasi kasur sebagai tempat untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Tubuh Anda tidak lagi mengingat kasur sebagai tempat untuk beristirahat. Dengan begitu, Anda akan susah untuk terlelap.
    3. Gaya hidup tidak sehat. Gaya hidup tidak sehat juga ikut menjadi penyebab susah tidur. Kebiasaan tidak berolahraga dan konsumsi makanan tidak sehat juga bisa menjadi alasan di balik masalah tidur yang Anda alami.

Dari tiga poin di atas, apakah Anda menemukan perilaku sehari-hari yang turut menjadi alasan susah tidur? Jika iya, cobalah untuk mengubahnya secara perlahan.

Jangan diabaikan, faktor psikologis juga berpengaruh!

Masalah tidur memiliki kaitan yang erat dengan faktor psikologis. Termasuk dengan permasalahan berupa susah tidur. Masalah-masalah psikologis seperti stres, cemas, khawatir, ragu dan emosi-emosi negatif lainnya juga bisa membuat Anda mengalami susah tidur.


Orang-orang yang overthinking cenderung mengalami kesulitan untuk terlelap dan mempertahankan tidurnya. Orang-orang yang memiliki trauma cenderung mudah terjaga dan sulit untuk tertidur kembali. Orang-orang yang stres cenderung merasa lelah bahkan ketika mereka telah tidur malam. Ini adalah beberapa bukti bahwa faktor psikologis juga menjadi alasan utama susah tidur.

Beberapa jenis makanan dan minuman juga membuat Anda susah tidur

Berapa gelas kopi yang Anda konsumsi per harinya? Perhatikan baik-baik asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh Anda. Kafein adalah salah satu kandungan makanan atau minuman yang bisa membuat Anda susah tidur. Kafein memengaruhi hormon di dalam tubuh Anda yang membuat Anda menjadi lebih sulit untuk tertidur.

Penggunaan obat-obatan juga bisa jadi alasannya

Pada beberapa pasien penyakit tertentu, mereka diminta untuk mengkonsumsi beberapa jenis obat. Banyak penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa penggunaan obat-obatan jenis tertentu membuat pasien menjadi susah tidur. Apabila Anda mengalami hal ini, sebaiknya Anda mengkonsultasikan hal tersebut bersama dokter yang menangani Anda.


Empat hal di atas merupakan beberapa faktor yang umumnya menjadi penyebab susah tidur. Jadi, jika ditanya sebenarnya apa penyebab susah tidur? Empat hal tersebut adalah jawabannya.


Susah tidur adalah masalah yang terlihat sepele dan kerap diabaikan. Namun, masalah ini bisa berpengaruh pada kesehatan dan aktivitas harian Anda. jika dibiarkan, susah tidur akan menjadi masalah yang lebih besar lagi. Cobalah untuk mengelola masalah tersebut sedini mungkin.


Salah satu usaha yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi susah tidur adalah dengan menggunakan selimut berat yang telah terjamin secara ilmiah mampu mengatasi masalah tidur. Anda bisa tidur dengan lelap sembari merasakan pelukan hangat sepanjang malam. Selimut tidur memang telah dilengkapi dengan deep pressure stimulation yang membuat Anda bisa merasakan pelukan hangat yang membuat tidur jadi lebih lelap.