Free Ongkir Jawa, Sumatera, dan kota Besar Kalimantan.

Gangguan Tidur Pada Orang Tua: Insomnia Salah Satunya

Siapa bilang Anda akan semakin mudah untuk tertidur ketika tua? Ternyata tidak demikian. Mungkin Anda kerap melihat orang tua yang begitu mudah terlelap. Bisa tertidur ketika sedang duduk di halaman, menonton televisi, bahkan di meja makan sekalipun. Namun, ternyata ada beberapa gangguan tidur yang rentan dialami orang tua. Semakin tua usianya, semakin besar risiko mengalami gangguan-gangguan tidur tersebut.


Hal ini memang sudah umum terjadi, tapi ada baiknya apabila Anda lebih mengenali beberapa gangguan tidur pada orang tua ini. Pelajari gangguan apa saja yang mungkin mengintai orang terdekat atau bahkan diri Anda di masa tua. Dengan begitu, Anda bisa mengantisipasi gangguan tersebut sejak dini.

Sleep talk dan sleep walking

Anda pasti sering mendengar lansia mengigau ketika tidur. Tenang, itu adalah hal yang wajar. Orang tua memang cenderung mengalami sleep talk dan sleep walking. Sebagian besar mengalami sleep talk atau mengigau. Mungkin Anda merasa terganggu dengan suara orang tua di rumah Anda, tapi cobalah untuk bersabar menghadapi hal tersebut.


Gangguan tidur ini rentan dialami orang yang sudah tua karena kondisi fisik mereka yang sudah tidak lagi prima. Fungsi otak dan organ tubuh lainnya tidak sebaik orang-orang yang berusia muda. Koordinasi otak ketika orang tua tertidur tidak bisa dilakukan dengan begitu optimal. Tidak salah jika orang tua menjadi lebih mudah mengigau ketika tidur. Bahkan ketika mereka baru saja terlelap.

Sleep apnea

Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang terjadi karena masalah pernapasan. Sebenarnya, gangguan ini bisa saja dialami oleh semua orang. Namun, semakin tua usia seseorang maka semakin tinggi risiko mengalami gangguan tidur tersebut. Anda mungkin beberapa kali melihat orang tua yang bernapas secara tidak teratur ketika tidur. Padahal manusia cenderung bernapas dengan lebih teratur ketika tidur. Semakin lelap tidurnya, semakin teratur napasnya.


Sayangnya hal ini sulit untuk dilakukan orang tua, apalagi para lansia. Jangankan mengatur napas ketika tidur, mengatur napas ketika sedang terjaga saja terasa sulit bagi mereka. Napas mereka semakin pendek dan begitu sulit untuk bisa bernapas dengan lega. Tidak heran jika orang tua lebih rentan mengalami sleep apnea.

Insomnia

Ini adalah gangguan tidur yang paling umum dialami orang tua. Semakin tua, mereka akan semakin sulit untuk tidur. Meskipun terlihat begitu sering melakukan napping di siang hari, tapi sebenarnya mereka tidak bisa terlelap dengan mudah. Kondisi fisik yang semakin renta membuat mereka semakin merasa tidak nyaman dengan tubuhnya. Begitu pula dengan perasaan tidak nyaman ketika mereka tidur.


Beberapa kondisi yang membuat orang tua jadi semakin susah untuk tidur dan akhirnya mengalami insomnia adalah kondisi kesehatan fisik dan kesehatan mentalnya. Orang tua berisiko mengalami segala penyakit fisik. Hipertensi, masalah pencernaan, pernapasan, dan masalah-masalah fisik lainnya.


Tidak hanya itu, orang tua juga rentan mengalami stres dan kesepian. Hal ini turut berpengaruh pada kualitas tidur orang tua dan lansia. Butuh banyak perhatian untuk mereka. Mereka memerlukan banyak hal untuk membuat mereka merasa nyaman dan bisa tidur dengan lelap.


Anda bisa menghadiahkan selimut berat untuk orang tua tersayang. Selimut berat memiliki deep pressure stimulation yang bisa membuat mereka merasa lebih nyaman ketika tidur. Mereka akan merasakan sensasi hangatnya pelukan dalam balutan selimut berbobot khusus. Selimut jenis ini dibuat dengan bobot khusus yang disesuaikan bersama berat tubuh penggunanya. ARTER memproduksi selimut berat terbaik di Indonesia menggunakan bahan premium yang lembut dan nyaman. Sangat pas untuk Anda hadiahkan bagi orang tua tersayang.