Free Ongkir Jawa, Sumatera, dan kota Besar Kalimantan.

Efek Kurang Tidur: Jangan Dibiarkan! Bisa Berdampak Buruk untuk Tubuh Anda

“Jangan diabaikan! Efek kurang tidur bisa menghantui hidup Anda!”


Kalimat di atas tidak terkesan berlebihan. Pada kenyataannya, efek kurang tidur memang bisa menjadi sesuatu yang fantastis. Faktanya Anda menjadi lebih berisiko mengalami berbagai macam penyakit apabila kekurangan tidur. Fakta lainnya adalah, ternyata efek kurang tidur bukan hanya meningkatkan kemungkinan penyakit tapi juga memberikan dampak buruk lainnya. Cukup mengerikan, lho!


Apakah Anda kerap lembur kerja hingga larut malam? Sering bermain game hingga dini hari? Mengalami kesulitan untuk bisa tidur nyenyak dalam kurun waktu yang cukup? Wah, sebaiknya Anda mulai memperbaikinya. Mari simak apa saja yang mungkin terjadi pada diri Anda ketika tubuh Anda kekurangan tidur.


Wajar jika Anda sering sakit, imunitas tubuh Anda mungkin saja menurun

Tidur terbukti berpengaruh pada imunitas tubuh yang dimiliki seseorang. Anda akan lebih mudah terserang penyakit apabila Anda memiliki pola tidur yang buruk. Hal ini dikarenakan oleh sistem imunitas yang kurang baik sebagai efek kurang tidur.


Tubuh Anda akan kekurangan waktu istirahatnya. Perbaikan sel-sel tubuh jadi terhambat dan imunitas tubuh Anda mengalami kesulitan untuk pulih. Jika berlangsung secara terus-menerus, efek kurang tidur ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan diri Anda.

Leher dan kepala terasa berat? Ini adalah satu efek kurang tidur

Hati-hati, tekanan darah Anda bisa menurun. Tekanan darah rendah atau hipotensi banyak dialami oleh orang-orang yang kurang tidur. Hal ini membuat kepala dan leher Anda terasa berat. Anda akan mengalami kesulitan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari karena rasa pusing dan berat di bagian-bagian tubuh Anda.

Kelelahan adalah hal yang lumrah jika Anda memiliki waktu tidur yang terlalu singkat

Tidur seharusnya menjadi waktu istirahat total untuk tubuh. Ketika tidur, tubuh mengistirahatkan banyak bagian-bagiannya. Tubuh menghentikan proses aktivasi yang telah berjalan seharian. Di saat tidur inilah, tubuh Anda “menyembuhkan” dirinya sendiri.


Apa yang terjadi ketika waktu tidur Anda kurang? Tubuh Anda juga akan kekurangan waktu istirahatnya. Tubuh akan merasa kelelahan karena harus bekerja melebihi kapasitasnya. Wajar sekali apabila Anda jadi sering merasa lelah.

Hati-hati, konsentrasi dan perhatian Anda akan menurun

Sebaiknya Anda tidak mengendarai kendaraan jika waktu tidur Anda terlalu sedikit. Salah satu efek kurang tidur adalah menurunnya konsentrasi dan perhatian. Tubuh mengalami penurunan kemampuan untuk berkonsentrasi dan memusatkan perhatian. Maka dari itu banyak sekali kasus kecelakaan yang disebabkan oleh kurangnya waktu tidur pengemudi.

Mood buruk seharian

Merasa jika Anda terlalu sensitif? Mudah marah pada hal kecil? Sering merasa kesal karena hal sederhana? Merasakan emosi negatif seharian? Mungkin, salah satu penyebabnya adalah waktu tidur yang minim. Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa waktu tidur berhubungan dengan mood yang dirasakan seseorang.


Itulah lima efek kurang tidur yang sangat mungkin terjadi pada tubuh Anda. Jangan biarkan diri Anda mengalami hal-hal buruk karena kekurangan tidur. Ayo, perlahan ciptakan pola tidur yang sehat dengan memenuhi waktu tidur Anda. Prosesnya mungkin tidak mudah, tapi dampaknya akan sangat bagus untuk tubuh Anda.


Anda juga bisa membangun pola tidur yang lebih sehat dengan melakukan sleep hygiene, menciptakan suasana kamar yang menenangkan dan menggunakan perlengkapan tidur yang mendukung. Misalnya dengan menggunakan weighted blanket atau selimut berat yang memang didesain khusus untuk membuat tidur jadi lebih nyenyak.


ARTER menawarkan weighted blanket yang dibuat dari bahan premium. Bahannya halus dan lembut. Apalagi weighted blanket dilengkapi dengan deep pressure stimulation yang membuat Anda merasakan pelukan hangat sepanjang malam. Tidur Anda jadi lebih nyenyak dan lama. Anda akan terhindar dari efek kurang tidur.