Free Ongkir Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan kota Besar di Kalimantan

Do dan Don’t untuk Cara Cepat Tidur Yang Efektif

Bagaimana cara cepat tidur yang efektif? Terdapat banyak sekali cara untuk cepat tidur secara efektif. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar bisa tidur cepat. Beberapa hal tersebut berkaitan dengan apa saja yang sebaiknya tidak Anda lakukan dan apa saja yang sebaiknya Anda lakukan untuk bisa tidur di waktu yang tepat.


Untuk bisa tidur cepat di waktu yang tepat, Anda perlu menghindari melakukan empat hal di bawah ini. Simak penjelasan lengkapnya, ya.

Mengkonsumsi kafein secara berlebihan

Para pecinta kopi sebaiknya Anda mulai mengurangi konsumsi kafein harian Anda. Banyaknya konsumsi kafein terbukti berhubungan dengan masalah tidur yang dialami oleh orang-orang. Selain berpengaruh pada tidur, konsumsi kafein yang berlebih juga berpengaruh pada kesehatan Anda. Jadi, tidak ada salahnya untuk sedikit demi sedikit mengurangi konsumsi kafein Anda

Meminum alkohol agar lebih lelap

Apakah Anda meminum alkohol agar bisa tertidur lelap? Wah, disarankan untuk tidak melakukan hal tersebut. Meminum alkohol memang bisa membuat kesadaran Anda menurun bahkan hilang. Namun, meminum alkohol agar bisa tertidur bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan. Alkohol malah membuat tubuh Anda tidak benar-benar tidur. Alkohol hanya membuat Anda kehilangan kesadaran sementara waktu.

Tidur siang

Tidur siang memang bagus untuk kesehatan. Namun, tidur siang yang terlalu lama dan terlalu sering malah mempengaruhi siklus tidur malam Anda. Agar Anda bisa tidur malam dengan cepat di waktu yang tepat, ada baiknya untuk tidak tidur siang terlalu lama.

Menggunakan kasur untuk aktivitas di luar tidur

Jadikan kasur sebagai tempat sakral yang hanya Anda gunakan untuk tidur dan beristirahat. Jangan gunakan kasur untuk aktivitas sehari-hari lainnya seperti bermain gadget dan bekerja. Melakukan aktivitas sehari-hari di atas kasur membuat tubuh Anda menganggap kasur sebagai tempat beraktivitas. Sehingga ketika Anda hendak tidur, tubuh Anda menangkap hal tersebut sebagai tanda untuk bekerja bukan beristirahat.


Selain memperhatikan hal-hal apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan, ada pula hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan agar bisa tidur cepat di waktu yang tepat. Hal-hal yang perlu dilakukan sebagai cara cepat tidur adalah:

Lihat pola tidur Anda

Memahami waktu tidur, durasi tidur, waktu Anda terlelap, dan waktu Anda terbangun bisa membuat Anda bisa lebih memahami diri sendiri. Anda bisa mengetahui kapan waktu tidur yang tepat untuk diri Anda sendiri dengan melihat pola tidur yang Anda miliki. Setelah itu, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk mengikuti pola tersebut.

Hentikan penggunaan gadget 1 jam sebelum tidur

Hentikan mengurus pekerjaan, melakukan chatting atau bermain media sosial satu jam sebelum Anda tidur. Pastikan laptop, handphone dan gadget lainnya sudah terpisah dengan diri Anda ketika Anda hendak tidur.

Tidur dalam ruangan yang redup

Cahaya yang terlalu terang membuat mata Anda tetap bekerja dan tidak beristirahat. Hal ini membuat tubuh Anda tidak beristirahat secara penuh. Tidur Anda tidak akan benar-benar lelap. Untuk itu, cobalah untuk tidur di dalam ruangan dengan pencahayaan yang minim.

Menggunakan perlengkapan tidur yang mendukung

Gunakanlah kasur dan bantal yang nyaman. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan selimut berat dari ARTER yang membuat tidur Anda bisa lebih lelap. Selimut berat dari ARTER dibuat dengan teknologi khusus bernama deep pressure stimulation yang memberikan sensasi pelukan seperti pelukan ibu pada anaknya. Perlengkapan tidur seperti ini bisa membuat Anda bisa tidur lelap di waktu yang cepat.