Free Ongkir Jawa, Sumatera, dan kota Besar Kalimantan. Cicilan 0% x 12 bulan khusus BCA.

Catat, Ini Waktu Terbaik untuk Tidur!

Waktu tidur yang baik, ini adalah hal yang masih sering diabaikan oleh orang-orang. Anda mungkin tidak peduli kapan waktu untuk beristirahat di malam hari dan kapan waktu Anda terjaga di pagi hari. Namun, cobalah untuk memberikan sedikit perhatian pada urusan ini. Karena pada kenyataannya, tidur menjadi salah satu penentu kesehatan dan keberlangsungan hidup Anda. banyak sekali dampak negatif yang akan Anda alami apabila pola tidur Anda tidak sehat.

Waktu terbaik untuk tidur

Sebenarnya kapan waktu terbaik untuk tidur? Beberapa ahli menyarankan orang dewasa untuk tidur pada pukul 8 malam. Beberapa penelitian lain menyatakan bahwa waktu terbaik untuk tidur adalah sebelum pukul 10 malam. Namun, dari seluruh penelitian ilmiah yang telah dilakukan oleh para ahli, kita dapat menyimpulkan bahwa waktu tidur yang baik adalah sebelum pukul 12 malam.


Terdapat banyak bukti bahwa tidur di atas pukul 12 malam memberikan dampak negatif untuk tubuh. Mulai dari merubah jam biologis tubuh hingga berpengaruh pada kemampuan konsentrasi dan mengingat. Waktu tidur ini dapat disesuaikan dengan waktu kegiatan Anda. tidurlah ketika seluruh kegiatan Anda telah selesai dan berusahalah untuk tidur sebelum pukul 12 malam.

Berapa lama waktu tidur yang dibutuhkan oleh tubuh?

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 8 jam. Waktu ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan tidur masing-masing orang. Mungkin Anda merasa cukup dengan tidur 6 jam, tetapi mungkin orang lain merasa waktu tidur yang cukup adalah 9 jam. Durasi atau lamanya waktu tidur dipengaruhi oleh aktivitas sehari-hari yang dilakukan. Jadi, sesuaikanlah durasi tidur Anda dengan kebutuhan masing-masing. Hindari tidur terlalu sebentar atau terlalu lama karena keduanya memberikan dampak negatif untuk tubuh.

Waktu terbaik untuk bangun tidur

Bangunlah sebelum pukul 6 pagi. Ya, waktu terbaik untuk bangun tidur adalah sebelum pukul 6 pagi. Waktu ini adalah waktu yang disarankan untuk wilayah-wilayah seperti Indonesia yang mataharinya telah terbit di waktu tersebut. Apa yang terjadi jika Anda tidur lebih siang dari waktu ini? Anda mungkin akan merasa kelelahan padahal telah menghabiskan waktu berjam-jam untuk tidur. Anda akan mengalami sleep fatigue yaitu kondisi ketika Anda tetap merasa lelah meskipun telah tidur.


Cobalah untuk bangun lebih pagi dan lakukan beberapa aktivitas sederhana seperti berolahraga ringan atau sekadar menikmati udara pagi yang menyejukkan. Pola tidur yang demikian adalah pola tidur yang lebih sehat dan tentu saja memberikan rasa nyaman untuk tubuh Anda sendiri.

Perbaiki tidur Anda, perbaiki hidup Anda

Apakah Anda sudah mencatat kapan waktu terbaik untuk tidur? Jika sudah, sekarang saatnya kita melihat cara-cara apa saja yang bisa dilakukan untuk memperbaiki pola tidur Anda. Mencoba mengubah pola tidur yang kurang baik atau masih belum konsisten menjadi pola tidur yang lebih baik.


Anda bisa mencoba empat hal ini sebagai permulaan untuk memiliki pola tidur yang sehat:


  1. Buatlah jadwal tidur dan patuhi jadwal tersebut. Buat diri Ada terbiasa dengan jadwal tidur yang telah dibuat.
  2. Berhenti bermain gadget seperti handphone dan laptop satu jam sebelum jadwal tidur Anda. Alih-alih menghabiskan waktu sebelum tidur bersama gadget, Anda bisa melakukan aktivitas lain yang membuat tidur Anda bisa lebih lelap. Contohnya adalah melakukan meditasi sederhana, membuat jurnal rasa syukur, melakukan self-talk, dan lain sebagainya.
  3. Melakukan night routine seperti mandi, menggunakan skincare, membereskan tempat tidur, dan aktivitas malam rutin yang biasa Anda lakukan.
  4. Menggunakan perlengkapan tidur yang membuat tidur Anda lebih lelap. Misalnya menggunakan selimut berat yang memiliki deep pressure stimulation. Selimut berat didesain secara khusus dengan perhitungan bobot yang sesuai berat badan Anda. ARTER membuat selimut berat dari bahan Premium Tencel 9000\TC dan Katun 300TC. Dengan menggunakan selimut berat dari ARTER, Anda akan tertidur lelap sembari merasakan sensasi pelukan hangat sepanjang malam.

Empat hal tadi bisa Anda coba untuk mewujudkan pola tidur yang sehat. Usaha Anda untuk memperbaiki pola tidur adalah usaha Anda untuk memperbaiki hidup Anda.