Free Ongkir Jawa, Sumatera, dan kota Besar Kalimantan.

6 Tips Mengatasi Insomnia Menurut Ahli: Penting untuk Yang Tidak Pernah Lelap Tidurnya

Menurut penelitian terdahulu, semua orang di dunia pernah mengalami fase sulit tidur. Jadi, sebenarnya tidak ada orang yang tidurnya selalu nyenyak. Insomnia adalah salah satu gangguan tidur yang banyak dialami orang di dunia. Tidak terkecuali diri Anda sendiri. Tidak heran jika informasi seputar tips mengatasi insomnia adalah informasi yang banyak dicari.


Terdapat enam tips mengatasi dari para ahli yang bisa Anda coba. Ronald E. Riggio, salah satu ahli psikologi merekomendasikan enam hal ini untuk mengatasi insomnia yang Anda alami. Penasaran ada tips apa saja? Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

1. Pahami pola tidur Anda

Memahami perilaku diri sendiri memang bukan hal yang mudah. Namun, Anda perlu mengingat bahwa hanya diri Anda yang memahami diri Anda sendiri. Begitu pula untuk urusan istirahat dan tidur. Untuk bisa mengatasi masalah tidur yang dialami, langkah pertama yang bisa Anda coba lakukan adalah dengan memahami pola tidur yang Anda miliki. Pahami pukul berapa Anda tertidur dan terbangun. Setelah mengetahui hal tersebut, usahakan untuk bersiap tidur sebelum waktu tersebut. Buatlah diri Anda merasa nyaman dan cobalah untuk tidur di waktu yang sama.

2. Cobalah untuk melakukan reframing

Reframing adalah kegiatan melihat sesuatu dengan sudut pandang yang lain. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena biasanya insomnia juga disebabkan oleh overthinking yaitu, perasaan bersalah atau menyesal akan masa lalu dan perasaan khawatir yang berlebihan akan masa depan. Untuk mengatasi hal ini, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah reframing. Ketika Anda bisa berpikir dengan lebih “lurus”, tidur Anda akan lebih lelap.

3. Jadikan momen malam sebagai momen untuk refleksi

Ketika Anda terbangun di malam hari atau merasa gelisah dalam tidur, Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan refleksi. Refleksi ini bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu terbangun Anda di malam hari. Mengapa hal ini disarankan oleh ahli? Karena ketika Anda malah memaksakan diri untuk tidur, hal tersebut malah membuat tubuh Anda semakin stres. Untuk itulah, sebaiknya Anda menggunakan waktu terjaga Anda untuk melakukan refleksi. Carilah hal-hal sederhana yang Anda syukuri.

4. Buatlah To Do List

Tips mengatasi insomnia berikutnya adalah membuat to do list atau daftar yang perlu dikerjakan. Daftar ini bisa membuat pikiran Anda lebih tenang sehingga tidur Anda bisa lebih lelap. Sebagian besar penderita insomnia mengalami kesulitan untuk mengelola pikirannya. Alasan inilah yang melatarbelakangi tips membuat to do list oleh para ahli.

5. Hadapi masalah Anda

Ingin tau alasan umum mengapa seseorang mengalami insomnia? Salah satu alasan yang umum adalah adanya masalah yang belum terselesaikan. Masalah-masalah ini membuat Anda merasa tertuntut dan berpengaruh pada tidur Anda. Anda merasa sulit tidur lelap karena fokus pikiran Anda masih mengarah pada masalah tersebut. Maka dari itu, salah satu tips mengatasi insomnia adalah dengan mengatasi masalah yang sedang Anda hadapi

6. Produktif

Gunakanlah waktu terjaga Anda di pagi hingga malam hari untuk melakukan sesuatu yang produktif. Sibukkanlah diri Anda dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat. Begitu pula dengan waktu terjaga di malam hari ketika Anda kesulitan untuk tidur lelap. Gunakan waktu ini untuk mengerjakan sesuatu. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk tidur.


Itulah enam tips mengatasi insomnia dari ahli. Anda bisa mencoba enam tips ini mulai dari hari ini. Selain itu, Anda juga bisa mencoba merasakan deep pressure stimulation dari selimut berat. Selimut berat dari ARTER membuat Anda merasakan pelukan hangat seperti pelukan ibu pada anaknya. Anda akan merasakan sensasi ini sepanjang malam. Kenyamanan dari sensasi pelukan ini mampu membuat tidur Anda lebih lelap.