Free Ongkir Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan kota Besar di Kalimantan

5 Manfaat Tidur untuk Kehidupan Anak, Dari Fisik Hingga Psikologis

Tidur adalah kegiatan yang biasa dilakukan begitu saja tanpa perencanaan atau perlakuan khusus. Padahal, tidur merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dan berpengaruh pada tubuh Anda. Terdapat begitu banyak manfaat tidur yang mungkin belum Anda ketahui. Tidur adalah sarana kita untuk beristirahat.


Pada saat tidur inilah tubuh kita beristirahat. Ketika tidur pulalah tubuh kita melakukan beberapa aktivitas ilmiah. Misalnya adalah aktivitas pembentukan sel-sel baru, memperbaiki bagian-bagian tubuh yang mengalami kerusakan, bahkan mengontrol hormon-hormon dalam tubuh agar lebih stabil. Oleh karena itu, sebenarnya tidur memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Lima diantaranya adalah berikut ini.

Memiliki energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari

Faktanya, energi yang tubuh Anda miliki tidak muncul begitu saja. Tubuh memerlukan waktu khusus untuk bisa menyimpan dan menyiapkan energi yang akan digunakan. Selain dari makanan, waktu istirahat merupakan salah satu kunci utama dari pembentukan energi. Energi yang cukup hanya dapat dihasilkan oleh tubuh yang beristirahat dalam waktu yang cukup pula. Bukti dari manfaat tidur yang satu ini adalah kecenderungan orang-orang untuk merasa cepat lelah saat mereka tidak memiliki waktu tidur yang cukup.

Menjaga berat badan

Ingin melakukan diet? Tidurlah dengan cukup!


Ya, benar. Manfaat tidur ini telah terbukti secara ilmiah. Dilansir dari salah satu laman kesehatan, kurangnya waktu tidur meningkat risiko obesitas pada manusia. Apabila Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup, tubuh Anda akan mengalami kesulitan untuk mengolah nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Akibatnya, tubuh Anda gagal memproses hormon-hormon yang membuat Anda merasa lapar. Anda menjadi lebih sering merasa lapar dan mengkonsumsi lebih banyak makanan dibandingkan orang lain.

Meningkatkan atensi dan konsentrasi

Ketika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup atau mungkin tidur Anda terasa tidak lelap, Anda akan kesulitan untuk berkonsentrasi pada kegiatan yang dilakukan. Anda akan mengalami kesulitan di sekolah atau di tempat kerja. Bahkan, Anda memiliki risiko kecelakaan yang lebih tinggi ketika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup.

Menjaga imunitas tubuh

Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang-orang yang jarang tidur cenderung memiliki imunitas tubuh yang lebih rendah. Anda akan lebih rentan terhadap penyakit apabila waktu tidur Anda lebih sedikit dibandingkan waktu tidur yang dibutuhkan. Manfaat tidur yang satu ini sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda.

Menjaga mood

Manfaat tidur bukan hanya dirasakan oleh tubuh dalam aspek fisik saja. Manfaat tidur juga terasa pada aspek kesehatan mental atau psikologis Anda. Mungkin Anda pernah menemui rekan kerja yang begitu emosional. Hal-hal kecil bisa membuatnya marah besar. Orang-orang semacam ini biasanya memiliki waktu tidur yang terlalu sedikit. Mereka tidak memiliki waktu istirahat yang cukup karena mengalami masalah tidur. Mood kita ternyata sangat dipengaruhi oleh waktu istirahat atau waktu tidur yang tubuh kita punya.


Rata-rata kebutuhan waktu tidur orang dewasa adalah 8 jam. Waktu tidur ini bisa berbeda untuk masing-masing orang. Apabila Anda mengalami masalah tidur yang menyebabkan Anda hanya bisa tidur dalam waktu yang singkat, Anda mungkin saja mengalami masalah-masalah fisik maupun psikologis. Lima manfaat tidur di atas hanya bisa Anda rasakan apabila Anda memiliki waktu tidur yang cukup.


Atasi masalah tidur dan tingkatkan waktu tidur Anda dengan menggunakan selimut berat dari ARTER. Selimut berat yang dibuat dari bahan khusus yang lembut dan sangat nyaman di kulit. Selimut berat dari ARTER dilengkapi dengan deep pressure stimulation yang membuat Anda bisa merasakan pelukan hangat seperti bayi yang dipeluk ibunya.