Free Ongkir Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan kota Besar di Kalimantan

5 Fakta Tentang Tidur: Ternyata Sangat Penting untuk Tubuh!

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar kata tidur? Tidur adalah salah satu kegiatan utama yang pasti dilakukan oleh manusia. Tidur merupakan aktivitas yang terlihat sederhana tapi sebenarnya sangat penting untuk dilakukan? Karena, ternyata tidur memiliki porsi pengaruh yang besar untuk tubuh Anda.


Terdapat beberapa fakta tentang tidur yang mungkin belum Anda ketahui. Menariknya, dari fakta-fakta ini Anda bisa mengetahui betapa pentingnya fungsi tidur untuk tubuh dan untuk keberlangsungan hidup sehari-hari Anda. Ada fakta apa saja? Simak lima fakta tentang tidur di bawah ini.

Sehat tidaknya tubuh Anda dipengaruhi oleh tidur

Ternyata sistem imun yang dimiliki tubuh manusia dipengaruhi oleh waktu tidur. Manusia perlu tidur untuk bisa menjaga sistem imun di dalam tubuhnya. Apabila Anda tidur di waktu yang tidak konsisten, memiliki waktu tidur yang terlalu singkat atau memiliki waktu tidur yang terlalu lama, sistem imun yang Anda miliki akan melemah.


Tidak heran jika orang-orang yang memiliki masalah tidur cenderung lebih rentan terhadap penyakit. Sistem kerja otak menjadi tidak teratur. Hormon di dalam tubuh juga menjadi tidak terkontrol jumlahnya. Tidak hanya itu, Anda juga akan lebih sulit untuk pulih dari penyakit. Hal ini dikarenakan oleh waktu pemulihan yang seharusnya dilakukan ketika tidur tidak bisa berlangsung dengan baik.

Ternyata tidur dipengaruhi dan mempengaruhi ritme sirkadian

Salah satu artikel ilmiah menyebutkan bahwa waktu tidur yang tidak konsisten akan berpengaruh pada ritme sirkadian yang dimiliki tubuh Anda. Apa yang dimaksud dengan ritme sirkadian? Ritme sirkadian merupakan ritme alami yang dimiliki oleh seluruh makhluk hidup. Ritme ini dipengaruhi oleh waktu siang dan malam.


Tubuh kita memiliki kepekaan tersendiri terkait waktu siang dan malam. Tubuh kita memiliki siklus yang unik. Tidur adalah salah satu bagian di dalam ritme ini. Apabila Anda memiliki waktu tidur yang tidak konsisten, ritme sirkadian Anda juga akan berputar dengan siklus yang tidak konsisten. Dengan demikian, artinya seluruh siklus dalam ritme sirkadian Anda juga akan terpengaruh.

Ternyata kurang tidur bisa menyebabkan obesitas

Kurang tidur membuat tubuh Anda melepas hormon yang menyebabkan rasa lapar lebih banyak dibandingkan orang yang memiliki waktu tidur yang cukup. Anda akan merasa lebih mudah lapar ketika Anda tidur terlalu larut, bangun terlalu pagi atau tidur dalam kurun waktu yang terlalu sebentar.


Kebanyakan orang yang mengalami obesitas juga menunjukkan pola tidur yang tidak konsisten. Mereka cenderung tidur dalam waktu yang larut atau tidak memiliki waktu tidur yang pasti. Apabila dibiarkan, perilaku ini akan memberikan dampak yang lebih serius untuk kesehatan Anda.

Baiknya 8 jam per hari

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa waktu tidur rata-rata yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah selama 8 jam. Waktu tidur ini bisa menyesuaikan dengan aktivitas harian yang Anda lakukan. Kebutuhan waktu tidur ini bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing orang. Namun perlu diperhatikan bahwa waktu tidur yang terlalu sedikit maupun terlalu berlebihan bisa memberikan dampak buruk untuk tubuh Anda. baik secara fisik maupun psikologis.

Semua orang ternyata pasti pernah mengalami masalah tidur

Cobalah mengingat-ingat apakah Anda pernah mengalami masalah tidur tertentu. Mungkin kesulitan untuk tidur, terbangun di malam hari, merasa gelisah ketika tidur, tidak merasa berenergi bahkan setelah bangun tidur, atau mungkin masalah tidur lainnya? Jika iya, tidak apa-apa. Semua orang di dunia pasti pernah mengalami susah tidur. 


Artinya, sebenarnya masalah tidur merupakan masalah yang umum terjadi. Namun, masalah ini masih kerap dianggap sepele. Anggapan ini tentu saja tidak dapat dibenarkan. Masalah tidur yang tidak ditangani bisa menjadi bumerang dalam hidup Anda. Cobalah untuk mengatasi masalah ini secara perlahan. Anda juga bisa melakukan langkah pencegahan untuk memiliki tidur yang lebih baik dan hindari masalah tidur yang mungkin Anda alami.


Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menggunakan perlengkapan tidur yang menunjang tidur lelap Anda. Contohnya adalah dengan menggunakan selimut berat dari ARTER. Selimut yang didesain khusus untuk membuat Anda merasakan sensasi pelukan hangat. Sensasi yang diberikan bisa membantu Anda untuk tertidur lelap dan terhindar dari masalah tidur.