Free Ongkir Jawa, Sumatera, dan kota Besar Kalimantan.

Tips Tidur Siang yang Efektif untuk Meningkatkan Produktivitas

Tidur siang mungkin menjadi sebuah aktivitas yang sangat jarang kita lakukan dikarenakan oleh berbagai alasan. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya tidur siang ini memiliki berbagai manfaat yang baik untuk diri kita yang salah satunya adalah meningkatkan produktivitas. Dilansir dari lifestyle.kompas.com, Michael A Grander dari Center for Sleep and Circadian Neurobiology mengatakan bahwa tidur siang dapat mengurangi kelelahan, meningkatkan kemampuan belajar dan memperbaiki koordinasi. Namun tidur siang juga harus dilakukan pada waktu yang tepat. Nah, kali ini ARTER akan membagikan tips yang bisa dicoba untuk bisa mendapatkan tidur siang yang efektif agar produktivitas kita bisa meningkat, yaitu:

1. 8 jam setelah bangun tidur

Ahli menyebutkan bahwa sebaiknya tidur siang dilakukan 8 jam setelah bangun tidur. Jika lebih dari itu atau lebih cepat dari itu maka akan mengakibatkan kesulitan tidur di malam hari

2. Cukup 20-30 menit

Tidur siang selama 20-30 menit terbukti dapat meningkatkan suasana hati dan daya ingat. Ketika tidur siang lebih dari durasi tersebut atau bahkan hanya 10 menit, maka akan mengakibatkan munculnya gejala kelelahan, mudah marah, tidak bersemangat dan mengantuk.

3. Tidak lebih dari jam 3 sore

Tidur yang terlalu sore bisa mengakibatkan kesulitan ketika akan tidur di malam hari. Idealnya tidur siang dilakukan tepat pada pertengahan hari.

4. Ruangan dan perlengkapan tidur yang nyaman

Ruangan yang nyaman adalah ruangan dengan pencahayaan redup hingga gelap dan suhu udara yang cukup, sedangkan perlengkapan tidur yang nyaman adalah bantal, guling, selimut dan kasur yang nyaman digunakan dan terjamin kebersihannya. Hal ini bertujuan agar kita bisa lebih cepat terlelap dan membantu meningkatkan kualitas tidur. Untuk membantu meningkatkan kenyamanan saat tidur, kita bisa menggunakan ARTER Weighted Blanket yang nyaman digunakan karena menggunakan teknologi Deep Pressure Stimulation yang memberikan sensasi pelukan dan tekanan secara merata ke seluruh tubuh. Selain itu, tekanan tersebut dapat meningkatkan hormon oksitosin dan serotonin yang meningkatkan rasa senang dan rileks, serta menurunkan hormon kortisol sehingga mengurangi rasa stres.

5. Batasi kebisingan

Ketika tidur siang, suasana yang tenang menjadi sebuah keharusan untuk  mendukung agar kita bisa cepat terlelap. Selain itu, suasana yang tenang dan bebas dari kebisingan juga bisa mengurangi stres yang dirasakan sebelum tidur sehingga tubuh juga bisa lebih cepat rileks. Salah satunya adalah dengan mematikan sementara atau mengaktifkan mode pesawat di gadget kita.

6. Mengurangi asupan kafein

Makanan atau minuman yang mengandung kafein akan mengakibatkan kita kesulitan tidur karena kafein merupakan senyawa yang berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan mencegah timbulnya rasa lelah. Memakan atau meminum senyawa kafein sebelum tidur akan merusak tatanan circadian rhythm tidur kita.

7. Cukup 2 kali seminggu

Tidur siang dilakukan untuk menjaga kesehatan, daya tahan tubuh dan produktivitas. Akan tetapi tidak bisa dilakukan rutin setiap hari. Sleep Foundation menyarankan agar tidur siang dilakukan 2 kali seminggu dengan durasi 30 menit dan dilakukan waktu pagi menjelang sore hari. Dampaknya apabila tidur siang dilakukan lebih dari 2 kali seminggu adalah meningkatnya resiko sakit jantung.

Ternyata sebenarnya tidak sulit bukan untuk mendapatkan tidur siang yang efektif? Kita hanya perlu untuk memahami dan mengatur kembali pola hidup kita agar berubah menjadi lebih baik. Yuk kita mulai coba merubahnya dan rasakan manfaatnya! Selamat mencoba.