Free Ongkir Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan kota Besar di Kalimantan

Tips Tidur Nyenyak untuk Tubuh yang Sehat

Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang mutlak harus kita penuhi. Tidur menjadi sebuah kebutuhan karena tidur sangat penting bagi kesehatan fisik maupun psikologis. Akan tetapi agaknya kebutuhan ini cukup sulit untuk dipenuhi dengan baik. Dilansir dari alodokter.com, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi menurunnya daya pikir, konsentrasi dan kemampuan bekerja. Bahkan kurang tidur yang terjadi secara terus-menerus dapat mengakibatkan meningkatnya risiko serangan jantung, obesitas, diabetes dan kanker. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari halodoc.com, dr. Fadhil Rizal Makarim menjelaskan bahwa kurang tidur apabila dipandang dari dari sisi mental atau psikologis dapat berdampak pada kesulitan mengendalikan emosi, depresi dan gangguan kecemasan.

Tidur yang baik adalah tidur yang berkualitas. Tidur yang berkualitas dapat membantu meregenerasi sel, mencegah penuaan dini, mencegah tumor dan memecah toxin. Dilansir dari cnnindonesia.com, salah satu indikator tidur yang berkualitas adalah kedalaman tidur atau tingkat kenyenyakan. Kali ini ARTER akan memberikan tips yang dapat membantu Anda untuk tidur nyenyak. Sebelum ARTER memberikan tips tidur nyenyak, pahami dulu apa yang dimaksud dengan tidur nyenyak dan apa saja ciri-ciri tidur nyenyak?

APA ITU TIDUR NYENYAK?

Tidur nyenyak merupakan tidur yang berada pada fase 3 NREM. Fase 3 NREM (Non-Rapid Eye Movement) adalah fase dimana seseorang telah memasuki fase tidur pulas atau tidur nyenyak. Fase ini didahului dengan fase 2 NREM yang ditandai dengan gelombang otak melambat diiringi dengan semburan gelombang cepat sesekali (spindle tidur), serta ada K-complex (puncak ketegangan tinggi negatif pendek. Hal tersebut mengakibatkan denyut jantung dan pernapasan menjadi lambat, teratur dan suhu tubuh menurun sehingga kesadaran mengenai lingkungan sekitar juga akan berkurang. Fase 2 NREM ini disebut juga dengan fase menuju tidur pulas atau tidur nyenyak berdasarkan penjelasan halodoc.com oleh dr. Verury Verona Handayani.

Pada fase 3 NREM atau fase tidur nyenyak terjadi perbaikan dan pertumbuhan jaringan, peningkatan dan penguatan sistem imun, serta pemulihan energi dan hormon tumbuh-kembang. Seseorang yang masuk pada fase ini telah memasuki fase tidur pulas atau tidur nyenyak sehingga akan sangat sulit untuk dibangunkan. Ketika bangun dari fase ini, seseorang tidak akan mampu sesegera mungkin menyesuaikan diri dengan perubahan dan akan merasa kebingungan.

TIPS TIDUR NYENYAK

Berikut adalah beberapa tips tidur nyenyak dari ARTER yang bisa Anda coba lakukan:

1. Kurangi Penggunaan Gadget

Berdasarkan studi yang telah dilakukan ditemukan bahwa penggunaan gadget sebelum tidur dapat memperburuk kualitas tidur seseorang dikarenakan penggunaan gadget sesaat ketika akan tidur akan berdampak pada penundaan waktu tidur, memperpanjang waktu pre-sleep menjadi lebih dari 30 menit, dan meningkatkan risiko mengalami insomnia ringan. Selain itu, penggunaan gadget juga berdampak pada rusaknya pola tidur.

2. Kurangi Pencahayaan di Kamar

Pengurangan cahaya di kamar dapat mempengaruhi kualitas tidur menjadi lebih baik. Berdasarkan studi yang dilakukan, disimpulkan bahwa cahaya yang memancar ke tubuh ketika malam hari akan menghambat terbentuknya melatonin. Kurangnya melatonin dalam tubuh inilah yang menyebabkan terjadinya sulit tidur atau gangguan tidur.

3. Meditasi atau Menggunakan Aroma Terapi

Kualitas tidur dapat ditingkatkan dengan melakukan meditasi atau penggunaan aroma terapi. Meditasi diketahui dapat membantu individu untuk mengontrol rasa takut dan cemas melalui peningkatan respon relaksasi sistem saraf otonom, sedangkan penggunaan aroma terapi meningkatkan kualitas tidur dengan mengaktivasi rangsang sistem limbik untuk meningkatkan sekresi serotonin dan melatonin yang mampu merilekskan tubuh dan membantu mengurangi stres dan cemas.

4. Menggunakan Perlengkapan Tidur yang Nyaman

Perlengkapan tidur yang nyaman akan membantu Anda untuk lebih cepat tidur nyenyak. Menurut studi diketahui bahwa perlengkapan tidur seperti bantal, guling, selimut dan kasur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dikarenakan perlengkapan tidur yang nyaman dapat membantu menurunkan stres yang dirasakan. Salah satu produk yang dapat membantu Anda untuk tidur nyenyak adalah ARTER Weighted Blanket yang nyaman digunakan karena menggunakan teknologi Deep Pressure Stimulation yang memberikan sensasi pelukan dan tekanan secara merata ke seluruh tubuh. Selain itu, tekanan tersebut dapat meningkatkan hormon oksitosin dan serotonin yang meningkatkan rasa senang dan rileks, serta menurunkan hormon kortisol sehingga mengurangi rasa stres.