Free Ongkir Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan kota Besar di Kalimantan

Tidur Malam Yang Berkualitas Untuk Esok Yang Lebih Segar

Tidur di malam hari merupakan sebuah hal yang biasa kita lakukan setiap harinya. Akan tetapi, sudahkah Anda melakukan tidur malam yang berkualitas? Tidur yang berkualitas sangat penting untuk dilakukan agar kita bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari tidur malam yang kita lakukan. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan tidur malam yang berkualitas? Dan bagaimana kita bisa mendapatkannya? Kali ini ARTER akan berbagi tentang tidur malam dan bagaimana kita bisa mendapatkan tidur malam yang berkualitas.

Tentang Tidur Malam yang Berkualitas

Tidur malam yang berkualitas merupakan aktivitas yang wajib dilakukan dan sangat penting untuk dilakukan sama halnya dengan pentingnya olahraga harian dan diet yang sehat. DIlansir dari healthline.com, studi menunjukkan bahwa kurang tidur akan langsung berdampak negatif pada hormon, performa dan fungsi otak. Selain itu juga dijelaskan bahwa kurang tidur juga akan menyebabkan obesitas dan meningkatkan risiko penyakit bagi anak-anak maupun orang dewasa. Lalu apakah tidur malam yang selama ini kita lakukan sudah efektif? Dilansir dari health.detik.com, berdasarkan studi yang dilakukan oleh Sleep Health of the National Foundation dijelaskan bahwa tidur malam yang berkualitas memenuhi indikator-indikator berikut:

  1. Membutuhkan waktu 30 menit atau kurang untuk bisa tertidur.
  2. Setidaknya 85% waktu yang dihabiskan di kasur adalah untuk tidur.
  3. Tidak terbangun lebih dari 1 kali dan terlelap setelah tidur lebih dari 5 menit.
  4. Membutuhkan waktu kurang dari 20 menit agar tubuh terasa segar kembali setelah bangun di pagi hari.

Tips Tidur Malam yang Berkualitas

Tidur malam yang berkualitas bisa kita upayakan dengan melakukan hal-hal berikut:

1. Paparan sinar terhadap tubuh

Ketika pagi hingga siang hari, lakukanlah aktivitas yang bisa meningkatkan paparan sinar matahari terhadap tubuh kita. Sebaliknya ketika sore hari, sebisa mungkin kurangi aktivitas yang memungkinkan kita terkena paparan sinar biru karena paparan sinar biru dapat menipu otak, tubuh dan hormon kita untuk menangkap sinyal bahwa hari masih pagi. Hal ini berguna untuk memberitahukan kepada otak, tubuh dan hormon kita mengenai kapan waktu untuk beraktivitas dan kapan waktu untuk beristirahat. Dengan kata lain, hal ini berguna untuk memperbaiki circadian rhythm kita.

2. Hindari mengkonsumsi kafein dan makan di saat petang

Seperti yang kita tahu bahwa mengkonsumsi kafein akan membuat kita tahan untuk tidak tidur dalam waktu yang panjang, sehingga ini akan merugikan kualitas tidur kita di malam hari jika kita mulai mengkonsumsi kafein saat petang. Di sisi lain, makan saat petang akan menghambat pelepasan hormon tidur (melatonin). Akan tetapi, ada beberapa makanan yang ketika dikonsumsi beberapa jam sebelum tidur justru mempercepat kita untuk tertidur.

3. Biasakan tidur dan bangun sesuai jadwal

Membiasakan diri untuk tidur dan bangun tepat waktu mungkin akan cukup sulit bagi beberapa orang dengan situasi tertentu. Namun nyatanya memiliki jadwal tidur dan mengikutinya merupakan hal yang cukup penting untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. 

4. Optimalkan lingkungan tempat tidur

Lingkungan tempat tidur yang dimaksud meliputi suhu, kebisingan, pencahayaan dan perlengkapan tidur yang digunakan. Berdasarkan studi disimpulkan bahwa suhu yang panas, suara bising, pencahayaan yang terang dan perlengkapan tidur yang tidak nyaman dapat menurunkan kualitas tidur kita dan meningkatkan kemungkinan terbangun saat mulai terlelap. Suhu yang disarankan adalah sekitar 20 derajat celcius. Selain itu untuk meningkatkan kualitas tidur dari sisi perlengkapan tidur, kita bisa menggunakan ARTER Weighted Blanket. Produk selimut ini didesain khusus untuk memiliki berat 8-12% dari berat tubuh kita, sehingga dapat membantu kita untuk tertidur nyenyak di malam hari.

Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba tips dari ARTER?