Free Ongkir Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan kota Besar di Kalimantan

Posisi Tidur Yang Nyaman Agar Lebih Cepat Tertidur

Untuk bisa segera tertidur, kita butuh untuk merasa nyaman dengan lingkungan dan perlengkapan tidur kita, serta juga nyaman secara psikologis. Selain itu, kita juga memerlukan posisi tidur yang nyaman agar kita bisa lebih cepat tertidur. Kali ini ARTER akan memberitahu Anda tentang berbagai posisi tidur yang nyaman dan bisa menjadi sebuah rekomendasi bagi Anda agar lebih mudah tertidur saat jam tidur datang. Dilansir dari hipwee.com, berikut merupakan posisi tidur yang nyaman:

1. Tidur Terlentang

Tidur terlentang merupakan posisi tidur yang dilakukan oleh sebagian besar orang. Posisi ini berguna untuk meluruskan tulang leher dan punggung, serta memberikan rasa rileks dan tenang setelah bekerja dengan duduk seharian di kursi kerja. Posisi terlentang akan memperlancar aliran darah ke otak karena posisi seluruh organ tubuh sejajar dengan jantung. Namun posisi tidur ini tidak disarankan bagi Anda yang mengalami gangguan pernapasan atau sering kali mendengkur karena bisa memperparah kondisi tersebut.

2. Tidur Tengkurap

Tidur tengkurap bisa membuat pencernaan menjadi lebih baik dan punggung juga lebih nyaman. Akan tetapi, posisi tidur ini berisiko menghambat pernapasan sehingga sangat tidak disarankan bagi penderita gangguan pernapasan.

3. Tidur seperti Janin

Posisi tidur dengan miring, lutut ditekuk dan tangan tertindih di bawah kepala merupakan posisi tidur kita ketika masih berada di kandungan sebagai janin. Posisi ini baik untuk mengurangi rasa mulas dan nyeri perut, serta akan membuat kita lebih hangat dalam kondisi ruangan yang dingin. Namun untuk tidur dengan posisi ini, pastikan Anda menggunakan bantal untuk menjaga posisi kepala agar tidak terlalu rendah. Hal ini penting untuk diperhatikan karena jika tidak akan mengakibatkan masalah leher dan telapak tangan.

4. Tidur Miring ke Kiri

Tidur miring ke kiri disarankan bagi para penderita maag atau asam lambung. Tidur dengan posisi ini akan membuat sambungan antara perut dan kerongkongan tertutup meskipun kadar asam lambung tinggi, sehingga rasa mual dan begah bisa berkurang. Untuk ibu hamil, posisi ini juga cocok dan nyaman untuk dilakukan karena akan memperlancar aliran darah ke janin.

5. Tidur Miring ke Kanan

Tidur miring ke kanan berguna bagi Anda yang memiliki masalah pernapasan atau sering mendengkur saat tidur. Secara medis, posisi ini bisa memperlancar pernapasan dan membantu mempercepat pengosongan lambung sehingga lambung akan cepat beristirahat dan BAB lancar di pagi hari.

6. Tidur dengan Memeluk Bantal atau Guling

Tidur dengan memeluk bantal atau guling secara ilmiah bisa membuat tidur kita menjadi lebih berkualitas karena bantal dan guling yang empuk bisa meningkatkan kenyamanan kita saat tidur dan tenang saat mulai terlelap. Selain itu dengan posisi apapun, kita bisa menambahkan bantal atau guling sebagai ganjal untuk membantu menyempurnakan posisi tidur agar tidur lebih nyenyak atau juga bisa untuk mengurangi dan menghindari rasa sakit di bagian tubuh tertentu. Contohnya saat tidur tengkurap, kita bisa menambahkan bantal di bagian bawah perut agar tidak menderita sakit punggung.

Untuk menambah kenyamanan dan memiliki tidur yang nyenyak, kita bisa menggunakan ARTER Weighted Blanket yang didesain dengan menggunakan teknologi Deep Pressure Stimulation yang bisa memberikan rasa nyaman melalui sensasi pelukan merata ke seluruh tubuh. Sensasi pelukan ini berasal dari pemberat yang ada pada selimut berat ARTER ini dengan berat 8-12% dari berat tubuh kita. Sensasi tersebut akan meningkatkan hormon oksitosin dan serotonin yang meningkatkan rasa senang dan rileks, serta menurunkan hormon kortisol sehingga mengurangi rasa stres. Hal inilah yang bisa membuat kita tidur nyenyak dan nyaman, serta bangun dengan perasaan positif.