Free Ongkir Jawa, Sumatera, dan kota Besar Kalimantan.

Pentingnya Tidur Untuk Kesehatan Diri

Tidur adalah suatu kebutuhan yang penting untuk dipenuhi namun seringkali terabaikan karena kesibukan dan tanggung jawab berlebih yang akhirnya justru mendorong kita untuk mengesampingkan pemenuhan kebutuhan diri kita sendiri. Padahal tidur merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan diri kita. Tidur merupakan cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan energi yang sudah terkuras selama beraktivitas seharian. Sama seperti gadget yang kita gunakan setiap hari, akan ada saatnya kita harus menghentikan aktivitas dengan gadget dan memberikan kesempatan bagi gadget kita untuk mengisi daya. Sama halnya dengan gadget tersebut, kita juga butuh kesempatan untuk “mengisi daya”.Tidur bisa disamakan dengan “mengisi daya” seperti pengisian daya pada gadget karena ketika kita tidur, tubuh akan melakukan recovery dan regenerasi sehingga kita akan merasa segar ketika bangun dari tidur.

Tidur memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Kali ini ARTER akan membahas lebih lanjut tentang beberapa manfaat tidur bagi kesehatan diri kita, sehingga kita bisa menyadari betapa pentingnya tidur untuk kesehatan diri. Berikut merupakan beberapa manfaat tidur bagi kesehatan kita:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pada saat tidur, sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan senyawa sitokin yang memiliki efek perlindungan dengan membantu melawan peradangan dan infeksi yang terjadi pada tubuh kita. Menurut penelitian, kurang tidur akan menghalangi pengeluaran senyawa sitokin sehingga diduga dapat berdampak pada tubuh yang lebih rentan terserang penyakit. Beberapa penyakit yang dapat dihindari dengan cukup tidur atau tidur berkualitas adalah serangan jantung, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi dan obesitas.

2. Mengendalikan nafsu makan

Tidur dapat membantu kita mengendalikan nafsu makan dengan menjaga hormon lapar (ghrelin) dan kenyang (leptin) agar tetap seimbang. Ketika tidur, tidak banyak aktivitas atau pergerakan yang kita lakukan sehingga kebutuhan energi pun menurun. Sedangkan ketika kita kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas, maka akan menyebabkan penurunan hormon leptin sehingga akan mudah mengalami lapar. Jika keadaan ini terjadi terus-menerus, maka akan meningkatkan resiko obesitas. Hal ini berlaku pada orang dewasa maupun anak-anak.

3. Meningkatkan daya ingat

Berdasarkan sebuah studi ditemukan bahwa daya ingat dapat meningkat dengan tidur cukup dan berkualitas karena otak akan memproses, memperkuat dan menggabungkan ingatan sepanjang hari ketika tidur. Dijelaskan juga bahwa terdapat 2 fase tidur yang dapat melancarkan proses mengingat dan berpikir kreatif, yaitu fase REM dan slow wave sleep.

4. Memperbaiki suasana hati

Tidur yang cukup dan berkualitas juga bisa membantu kita untuk memiliki emosi yang lebih positif. Dengan tidur cukup dan berkualitas, tubuh kita akan memproduksi hormon bahagia (serotonin) dan menurunkan hormon stres (kortisol). Sebaliknya, dengan tidur yang kurang cukup atau tidak berkualitas maka akan mengganggu kinerja hormon-hormon tersebut sehingga kita akan lebih mudah marah, sulit berkonsentrasi dan mudah mengalami stres.

Nah, sekarang kita sudah paham kan betapa pentingnya tidur bagi kesehatan kita? Mari kita perbaiki pola tidur kita dan mengupayakan untuk memiliki tidur yang berkualitas, sehingga kita bisa benar-benar mendapatkan manfaatnya. Untuk tidur yang berkualitas, kita bisa meningkatkan kenyamanan alat tidur kita. Salah satunya adalah dengan menggunakan ARTER Weighted Blanket. ARTER Weighted Blanket merupakan produk selimut yang didesain dengan memanfaatkan teknologi Deep Pressure Stimulation, sehingga bisa memberikan sensasi pelukan yang bisa memberikan rasa nyaman, senang dan menurunkan stres dengan meningkatkan hormon oksitosin dan serotonin, serta menurunkan hormon kortisol.