Free Ongkir Jawa, Sumatera, dan kota Besar Kalimantan.

Inilah Alasan Kenapa Harus Cukup Tidur

Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang harus kita dipenuhi. Akan tetapi tidur tidak bisa hanya sekedar tidur. Tidur memiliki persyaratan yang harus dipenuhi sehingga bisa memberikan manfaat pada tubuh kita. Kali ini ARTER akan membahas tentang alasan kenapa kita harus cukup tidur setiap harinya.

Tentang Cukup Tidur

Tidur yang cukup bukan hanya tentang tidur sekitar 7-9 jam di malam hari, namun juga tentang hal-hal yang lainnya. Tidur yang cukup berarti tidur yang bisa memberikan manfaat atau dampak positif bagi kesehatan kita baik secara fisiologis maupun psikologis. Lalu bagaimana cara kita untuk mengetahui bahwa tidur kita termasuk cukup atau belum? Berikut ini ada beberapa indikator dari The National Sleep Foundation yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah tidur kita sudah termasuk cukup atau belum:

  1. Tidur malam antara 7-9 jam.
  2. Tidak terjaga lebih dari 2 kali dalam 5 menit.
  3. 85% waktu di kasur adalah untuk tidur.
  4. Bangun dengan perasaan positif.

Kenapa harus cukup tidur?

Berikut ini adalah 5 alasan kenapa kita harus cukup tidur:

1. Tidur itu Istirahat

Tidur adalah aktivitas satu-satunya yang memberikan kesempatan bagi kita untuk beristirahat dan mengistirahatkan tubuh. Sama halnya dengan gadget, tubuh kita juga perlu “diisi ulang dayanya” agar dapat digunakan kembali. Tidur adalah satu-satunya kesempatan bagi kita untuk mengembalikan energi yang hilang setelah beraktivitas seharian.

2. Tidur itu Penting

Tidur itu penting, bahkan sangat penting. Tidur menjadi salah satu kebutuhan yang harus kita penuhi. Saat kita kurang tidur, tubuh kita akan terasa lelah, tidak bersemangat dan malas untuk beraktivitas. Padahal ada banyak tugas dan tanggung jawab yang harus kita lakukan dan penuhi setiap harinya. Tidur yang cukup akan memberikan energi yang cukup bagi kita untuk melakukan tugas dan memenuhi tanggung jawab sehari-hari kita. Dengan tidur cukup, kita akan merasa segar dan bersemangat untuk melakukan berbagai aktivitas.

3. Tidur itu Sehat

Tidur yang cukup akan memberikan manfaat bagi kesehatan kita. Saat kita tidur, tubuh kita juga akan beristirahat dan melakukan recovery serta regenerasi. Beberapa manfaat tidur bagi kesehatan kita adalah menghindarkan kita dari sakit jantung, obesitas, diabetes dan stroke. Selain itu dengan tidur yang cukup, tubuh kita juga bisa mengatur kembali hormon-hormon tubuh kita agar menjadi lebih seimbang lagi. Sistem kekebalan tubuh kita juga akan meningkat karena saat tidur tubuh akan memproduksi hormon sitokin yang berperan untuk memberikan perlindungan dengan membantu melawan peradangan dan infeksi.

4. Tidur itu Bertumbuh dan Menurunkan Resiko Obesitas

Selain tidur itu menyehatkan tubuh kita, saat tidur tubuh kita akan memproduksi hormon pertumbuhan yang akan mendukung perkembangan tulang dan otot, serta metabolisme. Selain itu, tidur yang cukup juga akan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk membuat hormon ghrelin yang berperan terhadap rasa lapar dan hormone leptin yang berperan terhadap rasa kenyang tetap seimbang. Resiko obesitas tidak hanya terjadi pada anak-anak namun juga orang dewasa.

5. Tidur itu Membuat Badan Segar

Tidur yang cukup akan membuat badan kita terasa segar setelah bangun tidur. Hal ini terjadi karena saat tidur aktivitas tubuh akan sangat berkurang dan tubuh juga melakukan recovery serta regenerasi.

Jadi, itulah alasan kenapa kita harus cukup tidur. Tanpa tidur yang cukup, tubuh kita akan merasa kelelahan, tidak hanya secara fisiologis namun juga secara psikologis. Secara psikologis akan terjadi peningkatan stres dikarenakan tidur yang cukup dapat menurunkan hormon kortisol yang berperan terhadap stres. Semakin sering kita kurang tidur, semakin besar resiko kita untuk terserang penyakit dan mengalami stres. Untuk membantu kita agar bisa tidur cukup dengan nyaman, kita bisa menggunakan ARTER Weighted Blanket. Selimut ini didesain untuk memberikan rasa nyaman saat akan tidur hingga bangun tidur karena menggunakan teknologi Deep Pressure Stimulation yang memberikan tekanan yang beratnya 8-12% dari berat tubuh kita secara merata di seluruh bagian tubuh. Secara ilmiah, tidur yang cukup dengan nyaman akan membuat kita memiliki perasaan positif saat bangun tidur.