Free Ongkir Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan kota Besar di Kalimantan

Sering Sakit Leher? Coba 5 Posisi Tidur Agar Tidak Salah Bantal Ini

Merasakan sakit di bagian leher atau punggung? Tenang, itu adalah hal yang wajar. Banyak sekali faktor yang menyebabkan hal tersebut. Bisa jadi karena posisi tidur Anda yang salah. Selain karena aspek kesehatan fisik bawaan, ternyata posisi tidur juga sangat berpengaruh. Inilah mengapa banyak orang menyebut istilah “salah bantal”.


Salah bantal adalah istilah yang masyarakat berikan untuk kondisi ketika Anda merasakan sakit di leher, kepala atau punggung karena posisi tidur yang kurang tepat. Bukan hanya Anda yang pernah mengalami hal ini. Mungkin hampir semua orang pernah merasakannya. Untuk itu, kali ini ARTER akan memberikan informasi khusus seputar posisi tidur agar tidak salah bantal. Ini merupakan informasi sederhana tapi penting untuk kenyamanan tidur Anda.

Posisi tidur agar tidak salah bantal

Ini beberapa posisi tidur yang disarankan untuk menghindari “salah bantal”:

1. Terlentang

Tidur terlentang tidak selamanya buruk. Posisi tidur ini adalah salah satu posisi tidur yang disarankan untuk menghindari rasa sakit di leher, kepala dan punggung Anda. Posisi ini juga sangat nyaman, terutama untuk Anda yang tertidur dalam kondisi kelelahan setelah melakukan aktivitas seharian.


Apabila Anda memiliki posisi ini, cobalah memperhatikan posisi kepala dan tinggi bantal yang Anda gunakan. Cobalah menggunakan bantal yang tidak terlalu tebal atau terlalu tipis. Anda bisa memilih bantal yang tingginya tidak berlebihan. Dengan begitu, leher Anda tidak akan membentuk sudut yang terlalu runcing. Kepala Anda tidak akan terlalu menunduk ketika tidur. Ini bisa mengurangi rasa sakit di kepala dan leher Anda.

2. Menyamping

Ya, tidur menyamping. Posisi tidur ini mungkin dihindari karena beberapa orang lebih memilih posisi terlentang atau tengkurap. Namun, posisi ini bisa mengurangi rasa tidak nyaman pada tubuh Anda. Anda bisa mengkombinasikan posisi tidur ini dengan menyamping ke arah kiri dan berganti menjadi ke arah kanan.


Masih sama dengan poin sebelumnya, Anda tetap disarankan untuk menghindari bantal yang terlalu tebal. Ketika menggunakan bantal yang terlalu tebal, leher Anda akan lebih tertekan. Tekanan inilah yang membuat rasa kaku di leher Anda.

3. Tidak tengkurap

Posisi tidur apapun boleh Anda coba. Namun, ada satu posisi tidur yang wajib Anda hindari. Posisi tersebut adalah posisi tengkurap!


Posisi ini bukan hanya membuat otot terasa kaku, tapi juga berpengaruh pada pernapasan Anda. Untuk sebagian orang tidur tengkurap memang terasa nikmat. Akan tetapi, rasa tidak nyaman yang dirasakan ketika bangun tidur malah jauh lebih terasa. Jadi, cobalah untuk menghindari posisi tidur yang satu ini agar Anda tidak “salah bantal”.

Jangan lupa, perhatikan hal ini juga!

Bukan hanya posisi tidur saja yang perlu Anda perhatikan. Perlengkapan tidur yang Anda gunakan juga berpengaruh pada rasa tidak nyaman yang Anda rasakan. Mari coba ikuti beberapa tips menghindari kaku leher atau “salah bantal” ala ARTER ini.


  1. Carilah bantal yang lembut
  2. Hindari bantal berbahan keras
  3. Beberapa ahli menyarankan hal ini: tidur tanpa bantal
  4. Perhatikan bantal dan perlengkapan tidur yang Anda gunakan

Empat hal di atas juga sangat penting, lho. Posisi tidur apapun akan terasa tidak nyaman jika tidak didukung dengan perlengkapan tidur yang memadai. Alih-alih bisa tertidur dengan nyenyak, rasa sakit di leher malah datang pada diri Anda. Mulailah memperhatikan perlengkapan tidur yang Anda gunakan untuk tidur nyaman dan nyenyak.


Semoga informasi dari ARTER ini bisa bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk melihat koleksi selimut berat dai ARTER di link ini. Selimut berat dari ARTER dibuat dari bahan premium dan bisa dibuat secara custom khusus untuk Anda.

Tulis komentar

Ingat, komentar harus sudah disetujui sebelum dipublikasikan