Free Ongkir Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan kota Besar di Kalimantan

Posisi Tidur yang Baik, Bebas Rasa Sakit

Pernahkah Anda tiba-tiba terbangun saat sedang tertidur karena merasakan sakit di salah satu bagian tubuh? Atau Anda justru baru merasakan sakit di beberapa bagian tubuh sesaat setelah terbangun? Rasa sakit yang biasa dialami adalah rasa sakit di bagian punggung dan leher. Kemungkinan hal ini terjadi karena perlengkapan tidur yang kurang nyaman, namun bisa juga disebabkan oleh posisi tidur yang salah. Sering kali saat tidur kita mengubah posisi tidur kita tidak sadar. Posisi yang salah saat tidur juga bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan yang salah satunya adalah mengalami masalah terhadap saluran udara ke paru-paru. Kali ini ARTER akan menjelaskan bagaimana posisi yang baik untuk tidur sehingga bebas dari rasa sakit baik saat tidur maupun sesaat setelah bangun tidur. Berikut merupakan posisi tidur yang baik menurut healthline.com dan halodoc.com:

1. Posisi Tidur Menyamping

Posisi tidur menyamping adalah posisi tidur yang paling populer dan memiliki banyak manfaat. Posisi ini menghindarkan kita dari sakit pinggang dan bisa membantu menurunkan risiko mendengkur. Selain itu, posisi ini merupakan posisi yang paling tepat bagi otak kita untuk berproses secara optimal dalam menghilangkan limbah, serta menurunkan risiko penyakit alzheimer dan parkinson. Selain itu, posisi ini juga dinilai sebagai posisi tidur yang baik karena bisa mencegah timbulnya mulas pada perut.

2. Posisi Tidur Terlentang

Posisi tidur menyamping juga dikatakan sebagai posisi tidur yang baik karena memiliki berbagai manfaat. Manfaat dari posisi tidur terlentang adalah bisa melindungi tulang belakang dan meringankan nyeri pinggul serta lutut. Akan tetapi posisi tidur ini tidak cocok untuk para penderita apnea dan orang dengan sakit punggung. Pada penderita apnea, posisi ini beresiko terjadinya henti napas dan pada orang dengan sakit punggung maka akan menambah rasa sakit serta memperparah kondisi sakit yang dialami mengingat tubuh akan bertumpu pada tulang belakang.

3. Posisi Tidur Tengkurap

Posisi tidur tengkurap hanya dilakukan oleh sebagian kecil orang karena posisi ini dinilai tidak nyaman. Namun sebenarnya posisi tidur tengkurap juga baik bagi kesehatan karena posisi tidur ini akan membuat perut berada di bawah sehingga akan menurunkan resiko mendengkur atau apnea tidur. Disisi lain, posisi tidur tengkurap ini juga bisa mengakibatkan sakit leher dan punggung, serta menimbulkan rasa lelah. Akan tetapi hal ini dapat dihindari dengan meletakkan bantal di perut bagian bawah sehingga sakit pada punggung bisa berkurang.

Berdasarkan penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa posisi tidur yang baik adalah posisi tidur yang sesuai dengan kondisi dan kesehatan tubuh kita. Selain posisi tidur yang baik, untuk terbebas dari rasa sakit saat tidur dan bangun tidur, kita juga memerlukan lingkungan dan perlengkapan tidur yang nyaman. Lingkungan tidur yang nyaman adalah lingkungan yang memiliki suhu sekitar 20 derajat celcius, bebas dari kebisingan dan pencahayaan yang redup atau gelap. Sedangkan perlengkapan yang nyaman adalah bantal, guling, kasur dan selimut yang nyaman untuk digunakan. Salah satu perlengkapan tidur yang nyaman untuk digunakan adalah ARTER Weighted Blanket. Produk ini merupakan produk selimut berat yang didesain dengan menggunakan teknologi Deep Pressure Stimulation yang bisa memberikan rasa nyaman melalui sensasi pelukan merata ke seluruh tubuh. Sensasi pelukan ini berasal dari pemberat yang ada pada selimut berat ARTER ini dengan berat 8-12% dari berat tubuh kita. Sensasi tersebut akan meningkatkan hormon oksitosin dan serotonin yang meningkatkan rasa senang dan rileks, serta menurunkan hormon kortisol sehingga mengurangi rasa stres.

Tulis komentar

Ingat, komentar harus sudah disetujui sebelum dipublikasikan