Free Ongkir Jawa, Sumatera, dan kota Besar Kalimantan. Cicilan 0% x 12 bulan khusus BCA.

Nasihat Dokter tentang Tidur yang Perlu Diketahui

Tidur menjadi kebutuhan setiap orang. Selain sebagai penambah energi, tidur dapat memaksimalkan kinerja senyawa yang terdapat pada tubuh. Selain makan dan minum, tidur menjadi kebutuhan yang sangat penting. Namun, tidak semua orang melakukan tidur sesuai dengan aturan. Tidak semua orang paham tentang pentingnya menjaga tidur. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh gangguan tidur yang dialami beberapa orang.

 

Macam-macam gangguan tidur

 

  • Mendengkur
  • Kebiasaan mendengkur atau ngorok ini bisa menjadi gangguan jika sering terjadi. Mendengkur yang terlalu sering dapat membuat pernapasan Anda beberapa kali berhenti ketika tidur. Gangguan ini biasa disebut dengan sleep apnea dimana otot-otot tenggorokan terlalu rileks sehinga muncul getaran saat bernapas.

  • Insomnia
  • Jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur, bisa jadi Anda mengalami gangguan tidur bernama insomnia. Gangguan ini bisa terjadi selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Insomnia bisa terjadi karena sendirinya atau dampak dari gangguan lain seperti kecemasan. Cemas membuat beberapa orang tidak bisa tidur karena ada hal yang dipikirkan terlalu berat.

  • Ketergantungan obat-obatan
  • Beberapa orang mengonsumsi obat-obatan untuk membantu tidur. Namun, konsumsi obat-obatan ini dapat menimbulkan efek samping yakni ketergantungan. Ketika tidak mengonsumsi obat-obatan, seseorang menjadi kesulitan untuk tidur. Pada kasus tertentu, obat-obatan yang berlebihan juga menyebabkan rasa kantuk berlebihan.

     

    Masih banyak gangguan tidur lain selain ketiga gangguan tidur yang disebutkan. Namun yang perlu diingat adalah bagaimana kita bisa menjaga tidur sesuai kebutuhan. Terdapat nasihat dokter yang perlu Anda ketahui untuk menjaga tidur.


    Nasihat Dokter tentang Tidur

     

  • Membiasakan olahraga
  • Kebiasaan olahraga penting untuk menjaga tubuh tetap bugar. Selain istirahat yang dihasilkan dari tidur, tubuh tetap perlu bergerak untuk memaksimalkan kinerja senyawa yang terdapat dalam tubuh. Nasihat dokter untuk membiasakan diri berolahraga penting dilakukan. Anda bisa menjadwalkan olahraga minimal 2–3 kali setiap minggu dengan durasi minimal 15–30 menit.

  • Membatasi konsumsi suplemen
  • Beberapa orang mengonsumsi suplemen seperti kopi yang mengandung kafein untuk menjaga kesegaran tubuh. Namun, kopi sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari tiga gelas setiap hari. Selain itu, suplemen juga dapat berbentuk vitamin yang dikonsumsi setiap hari. Vitamin disarankan untuk dikonsumsi sesuai resep dokter. Sebab, cara terbaik untuk mengatasi tubuh yang lelah adalah dengan tidur.

  • Mengurangi konsumsi junk food
  • Selain suplemen, asupan tubuh seperti junk food, gorengan, dan sebagainya perlu dikurangi. Jenis makanan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang juga memengaruhi kebiasaan tidur.

  • Menjaga perasaan untuk tetap baik
  • Kita sering berpikir bahwa sumber energi hanya berasal dari makanan dan minuman. Padahal, energi terbaik didapatkan dari perasaan baik yang selalu dijaga setiap hari. Perasaan baik ini bisa muncul dengan melakukan hobi, bersosialisasi dengan orang lain, dan tidur yang cukup. Namun, perlu diingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Begitu pula dengan aktivitas termasuk tidur yang berlebihan. Alih-alih menimbulkan perasaan baik, tidur yang berlebihan justru membuat perasaan kita buruk.

     

    Selain nasihat dokter tersebut, kita bisa menjaga tidur dengan menciptakan suasana tidur yang aman dan nyaman. Suasana tidur ini biasanya dipengaruhi oleh perlengkapan yang kita gunakan seperti baju tidur, bantal, guling, dan selimut. Salah satu barang yang disarankan untuk digunakan adalah selimut berat atau weighted blanket. Selimut berat memberikan kenyamanan yang lebih ketika tidur karena dilengkapi teknologi yang membuat kita merasa seperti dipijat. Selimut berat terbaik bisa Anda temukan di website https://arter.id. Segera temukan selimut berat terbaik dari ARTER untuk menjaga kualitas tidur Anda.

    Tulis komentar

    Ingat, komentar harus sudah disetujui sebelum dipublikasikan