Free Ongkir Jawa, Sumatera, dan kota Besar Kalimantan. Cicilan 0% x 12 bulan khusus BCA.

Musik untuk Tidur : Rekomendasi Lagu-Lagu yang Membuat Anda Tertidur Lelap

Anda memiliki masalah sulit tidur? Ternyata mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara jitu untuk mengatasi masalah susah tidur.

Orang dewasa yang rutin mendengarkan musik 45 menit sebelum tidur, dapat terlelap lebih cepat, waktu tidur pun menjadi lebih panjang dan  jarang terbangun di malam hari.

Selain itu, mendengarkan musik juga bisa membuat tubuh melepaskan hormon endorfin atau hormon penghilang rasa sakit, sehingga Anda menjadi lebih rileks dan tenang,

Laman resmi Sleep Foundation menjelaskan bahwa mendengarkan musik atau lagu yang menenangkan sebelum tidur dapat membuat saraf parasimpatis yang mengontrol jantung dan organ vital jadi lebih rileks. Akibatnya, detak jantung dan pernapasan jadi lebih lambat, tekanan darah turun, dan otot-otot di tubuh tak lagi tegang. Dengan begitu, tubuh Anda lebih siap untuk beristirahat. 

Manfaat musik untuk mengatasi susah tidur juga telah dibuktikan lewat riset. Dilansir dariReader's Digest, sejumlah ahli dari Hong Kong menemukan fakta bahwa orang yang rutin mendengarkan musik menenangkan selama tiga bulan, kualitas tidurnya membaik. Peneliti tersebut mengamati kebiasaan orang yang rajin mendengarkan lagu-lagu yang bikin rileks selama 30 sampai 45 menit sebelum tidur. 

Saat melakukan risetnya, para ahli tersebut memilih lagu yang bertempo lambat antara 60 BPM sampai 80 BPM. Tempo tersebut disesuaikan dengan detak jantung manusia saat tertidur. Mendengarkan musik bertempo lambat sebelum tidur, efeknya bisa mirip dengan meditasi. 

Terapis ini menggandeng musisi untuk membuat lagu pengantar tidur. Salah satunya, trio asal Inggris Marconi Union yang bekerja sama dengan British Academy of Sound Therapy. Pada 2011 lalu, kolaborasi ini menelurkan lagu instrumental berdurasi delapan menit bertajuk Weightless. Lagu pengantar tidur ini dirancang sebagai musik relaksasi melalui suara dan tempo. Lagu ini bermain di tempo 60 BPM, lantas melambat sampai ke level 50 BPM. 

Selain Weightless dari Marconi Union, terdapat empat lagu pengantar tidur lainnya yang bisa membantu Anda untuk terlelap lebih cepat:


  • Marconi Union — Weightless
  • Airstream — Electra
  • DJ Shah — Mellomaniac (Chill Out Mix)
  • Enya — Watermark
  • Coldplay — Strawberry Swing
  • Barcelona — Please Don’t Go
  • All Saints — Pure Shores
  • Adele — Someone Like You
  • Mozart — Canzonetta Sull’aria
  • Café Del Mar — We Can Fly

Selain itu musik klasik  dari Johann Sebastian Bach, Wolfgang Amadeus Mozart, Frédéric Chopin juga menjadi pilihan favorit dalam pengantar tidur karena memberikan efek menenangkan.

Namun ternyata Sleep Foundation menyebut bahwa ukuran 'menenangkan' tiap orang berbeda.Meteka mengatakan musik yang paling baik untuk tidur adalah musik yang telah Anda kenal baik dari lirik, melodi, dan aspek lainnya yang membuat Anda memfavoritkannya.

Sebaliknya, musik baru, lirik baru, dan aspek baru lainnya, secara tidak sadar akan membuat otak Anda berusaha untuk menguraikan musik baru tersebut dan menguras energi dari otak, sehingga besar kemungkinan akan membuat Anda terjaga.

Dewasa ini dengan semakin sibuk dan padatnya jadwal, membuat manusia semakin membutuhkan ritual tertentu sebelum tidur. Mendengarkan musik, memasang lilin aromaterapi, menggunakan piyama favorit, dan berbagai kebiasaan lainnya.

Jangan lupa lengkapi kebiasaan sebelum tidur Anda dengan selimut yang memberikan kenyamanan untuk menemani Anda terlelap dengan pulas di malam hari. Gunakan selimut berat dari Arter yang membuat Anda merasakan tekanan dan sentuhan hangat yang lembut serasa seperti dipeluk.

Ingin melihat koleksi lengkap weighted blanket Arter atau memiliki pertanyaan lebih lanjut? Anda dapat mengunjungi website Arter di https://arter.id/



Tulis komentar

Ingat, komentar harus sudah disetujui sebelum dipublikasikan