Free Ongkir Jawa, Sumatera, dan kota Besar Kalimantan. Cicilan 0% x 12 bulan khusus BCA.

Mengapa Ada Orang Tak Bisa Tidur Tanpa Selimut

Apa saja rutinitas yang biasanya anda lakukan sebelum berangkat tidur? Mandi air hangat dan menggosok gigi? Membersihkan tempat tidur? Apa pun rutinitasnya, semua itu pasti bertujuan agar tidur anda menjadi lebih nyenyak. Nah, kalau soal peralatan tidur, anda lebih suka tidur tanpa selimut atau tidak? Tak masalah untuk berada di tim mana pun, bahkan jika anda termasuk tim yang menggunakan selimut di saat tertentu. Suhu di Indonesia memang cenderung panas, sehingga selimut tak dapat digunakan sepanjang tahun.

Tetapi, percayakah anda bahwa ada orang-orang yang tak bisa tidur tanpa selimut? Mau cuacanya panas atau hujan, mereka harus selalu menggunakan selimut saat tidur. Apalagi jika mereka tinggal di dataran tinggi atau menggunakan AC di kamar, tentu akan sulit bahkan tak bisa tidur tanpa selimut. Kira-kira, mengapa ada orang tak bisa tidur tanpa selimut, ya? Mari puaskan rasa penasaranmu dengan membaca artikel ini!

Suhu yang dingin

Alasan pertama mengapa ada orang tak bisa tidur tanpa selimut adalah suhu yang dingin. Menurut National Geographic Indonesia, bumi akan melepaskan panas di malam hari, sehingga suhu di permukaannya akan menurun. Inilah sebabnya malam hari lebih terasa dingin daripada siang hari. Selain itu, suhu tubuh juga akan cenderung menurun ketika anda tertidur.

Jika suhu tubuh mulai rendah lalu diikuti dengan penurunan suhu lingkungan juga, maka manusia akan mudah merasa kedinginan dan tidur menjadi tidak nyenyak. Di sinilah selimut berperan untuk menjaga suhu tubuh anda tidak terlalu rendah sehingga tak perlu terbangun karena kedinginan.

Terbiasa menggunakan selimut

Ini mungkin adalah alasan yang paling susah dibantah ketika menjawab pertanyanyaan mengapa ada orang tak bisa tidur tanpa selimut. Kebiasaan merupakan hal yang tidak mudah untuk diubah karena telah dilakukah berulang-ulang hingga bahkan anda dapat melakukannya tanpa berpikir terlalu lama. Bagi orang-orang yang terbiasa tidur menggunakan selimut, otak mereka telah merekam kebiasaan tersebut sehingga akan terasa kurang jika tidur tanpa selimut. 

Kebiasaan ini juga dapat dimulai sejak bayi. Sistem organ pada tubuh bayi masih belum sempurna dalam bekerja, salah satunya pengaturan suhu tubuh. Untuk itulah para ibu harus selalu menjaga suhu tubuh bayi, terutama di malam hari yang cenderung dingin. Untuk memudahkan hal tersebut, para ibu akan memasangkan selimut saat bayinya tidur. Tanpa sadar, hal ini dapat menjadi kebiasaan hingga dewasa nanti.


Nah, itu tadi alasan mengapa ada orang tak bisa tidur tanpa selimut. Bagi anda yang merasa termasuk dalam orang-orang tersebut, penting untuk mengetahui suhu ruangan sebelum memutuskan untuk tidur menggunakan selimut, ya! Karena jika suhu ruangan panas akan membuat badan kita mengira hari sudah siang dan waktunya beraktivitas, sehingga anda akan sering terbangun di malam hari. Periksa juga bahan selimut yang anda gunakan agar tidak terlalu panas saat digunakan. Bahan yang dingin dan mudah menyerap keringat tentu akan memaksimalkan kenyamanan saat menggunakan selimut.

Ngomong-ngomong soal selimut, sudah pernah mencoba selimut berat, belum? Sesuai dengan namanya, selimut berat atau weighted blanket merupakan jenis selimut yang memiliki bobot jauh lebih berat daripada selimut biasa. Untuk mengetahui berapakah berat ideal dari selimut berat, anda bisa mengecek pada laman ARTER untuk informasi lebih lanjut. Pastikan untuk membeli selimut berat yang pas untuk peningkatan kualitas tidur anda, ya!

Tulis komentar

Ingat, komentar harus sudah disetujui sebelum dipublikasikan