Free Ongkir Jawa, Sumatera, dan kota Besar Kalimantan. Cicilan 0% x 12 bulan khusus BCA.

Jam Tidur Memengaruhi Kesehatan: Jam Biologis Organ Tubuh

Jam tidur Anda setiap malamnya dapat memengaruhi kesehatan. 

Tahukah Anda tubuh memiliki jam biologis, yaitu mekanisme jadwal kerja seluruh organ tubuh yang berjalan secara otomatis. Nama lain dari sistem ini adalah sistem sirkadian, yaitu sistem yang memastikan keoptimalan kerja organ tubuh sepanjang hari.

Jam biologis tubuh manusia bekerja 24 jam. Memberi sinyal kepada tubuh Anda, kapan tubuh harus beristirahat, kapan tubuh harus terjaga, kapan tubuh membutuhkan makanan, dan proses fisiologis lainnya. 


Pukul 00.00 – 02.59

Pada periode ini terjadi eningkatan produksi hormon melatonin yang menyebabkan tubuh merasa lebih lelah dan mengantuk  dan otak membersihkan diri dari zat yang mengalir seharian penuh akibat berpikir dan berkegiatan.

Pada jam ini pula, usus menjalankan proses detoksifikasi.


Pukul 03.00 – 05.59

Tubuh Anda tetap memproduksi melatonin pada jam ini, meski porsinya semakin berkurang menjelang pagi hari. Pada periode ini, energi Anda dialihkan untuk memperbaiki kulit atau melawan infeksi. 


Pukul 06.00 – 08.59 

Pada jam-jam ini pembuluh darah cenderung menjadi lebih kaku dan lebih padat yang menyebabkan darah menjadi lebih kental. Hal ini juga mengindikasikan bahwa tekanan darah sedang tinggi-tingginya. 

Bagi yang memiliki gangguan pada jantung, disarankan untuk menghindari berolahraga pada jam-jam ini karena cenderung rawan serangan jantung.


Pukul 09.00 – 11.59

Di periode ini, tubuh sedang gencar-gencarnya memproduksi hormon kortisol, yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal, mengendalikan kadar gula darah, serta mengendalikan stres. 

Hormon kortisol juga menyediakan energi bagi tubuh, sehingga di rentang waktu ini, Anda tidak lagi merasa mengantuk.


Pukul 12.00 – 14.59

Jam ini sering disebut dengan jam kritis karena tubuh cenderung akan mengantuk.

Hal ini disebabkan karena sehabis makan siang, organ pencernaan Anda akan sibuk mengolah makanan sehingga menurunkan tingkat kewaspadaan. 


Pukul 15.00 – 17.59

Pada jam ini, paru-paru dan jantung Anda bekerja secara maksimal. Suhu tubuh juga meningkat secara alami, yang akan berguna jika Anda membutuhkan pemanasan sebelum berolahraga. 


Pukul 18.00 – 20.59

Periode ini merupakan saat dimana kerja sistem pencernaan menurun. Maka, tidak disarankan untuk makan dalam porsi yang banyak pada jam ini. 

Hati juga melakukan pembersihan darah dari zat beracun serta memproduksi protein yang diperlukan oleh tubuh secara maksimal.




Pukul 21.00 – 23.59

Ini merupakan jam ketika otak Anda memproduksi hormon melatonin atau hormon pemicu kantuk, hanya jika Anda bangun tidur di pagi hari. 

Jika Anda sering begadang dan bangun lebih siang, hormon melatonin akan diproduksi otak pada waktu yang lebih larut. 

Dengan Anda mengetahui jam biologis organ tubuh, berarti Anda dapat menyesuaikan kapan Anda dapat beraktivitas berat, bersantai, dan kapan Anda sudah harus bersiap-siap untuk tidur. 

Agar Anda mudah untuk terlelap dan tidak mudah terbangun saat tidur sehingga proses biologis yang terjadi pada organ tubuh berlangsung secara maksimal, Anda perlu untuk melengkapinya dengan perlengkapan tidur yang membuat Anda nyaman.

Sudahkah Anda mencoba selimut berat Arter? Karena selimut ini memiliki cara kerja seperti kita dipeluk oleh seseorang, dengan teknologi deep pressure simulation

Hal ini akan membuat Anda tidur lebih nyaman, tidak banyak bergerak dan juga tidak mudah terbangun di malam hari, sehingga siklus sirkadian Anda dapat tetap berjalan dengan baik. 

Kunjungi weighted blanket Arter di https://arter.id/ atau lihat koleksi lengkapnya di https://arter.id/collections/all



Tulis komentar

Ingat, komentar harus sudah disetujui sebelum dipublikasikan