Free Ongkir Jawa, Sumatera, dan kota Besar Kalimantan.

Bagaimana Pola Tidur yang Baik Menurut Para Ahli?

Topik pembicaraan tentang pola tidur yang baik memang tidak pernah usai. Topik ini selalu jadi pembahasan menarik sebab ternyata tidak semudah itu untuk membentuk pola tidur yang baik dan sehat. Tubuh harus beradaptasi dengan kebiasaan yang lebih sehat. Perlu pengaturan waktu tidur yang tepat. Bahkan mungkin perlu alat pendukung untuk bisa memiliki pola tidur yang lebih sehat.


Lalu, apakah pola tidur yang baik bisa diaplikasi untuk semua orang? Jangan salah, masing-masing kelompok usia memiliki pola tidur yang disarankan masing-masing. Tidak semua orang memiliki pola tidur yang sama. Begitu pula dengan pola tidur yang disarankan kepada masing-masing golongan. Masing-masing golong memiliki pola tidur baiknya sendiri.


Waktu tidur yang disarankan

Dilansir dari National Sleep Foundation, terdapat perbedaan rentang waktu tidur yang disarankan pada masing-masing kelompok usia. Berikut rincian waktu yang disarankan untuk masing-masing usia:


  1. 0 - 3 bulan disarankan tidur selama 14 hingga 17 jam per harinya
  2. 4 - 11 bulan disarankan tidur selama 12 hingga 15 jam per harinya
  3. 1 - 2 tahun disarankan tidur selama 11 hingga 14 jam per harinya
  4. 3 - 5 tahun disarankan tidur selama 10 hingga 13 jam per harinya
  5. 6 - 13 tahun disarankan tidur selama 9 hingga 11 jam per harinya
  6. 14 - 17 tahun disarankan tidur selama 8 hingga 10 jam per harinya
  7. 18 - 64 tahun disarankan tidur selama 7 hingga 9 jam per harinya
  8. Di atas 65 tahun disarankan tidur selama 7 hingga 8 jam per harinya

Semakin tua usianya, semakin sedikit waktu tidur yang disarankan. Bayi menghabiskan hampir seluruh waktunya untuk tidur. Semakin dewasa, aktivitas sehari-hari akan semakin mendominasi waktu hidupnya. Hanya sekitar 7 hingga 8 jam waktu yang dialokasikan untuk tidur.

Sesuaikan dengan diri Anda

Waktu yang dicantumkan pada poin sebelumnya adalah waktu yang disarankan. Waktu tersebut diambild ari waktu rata-rata yang dibutuhkan oleh masing-masing kelompok usia. Namun, Anda bisa menyesuaikan waktu tidur tersebut dengan kebutuhan Anda sendiri.


Tanyakan pada diri Anda, berapa lamakah waktu tidur yang dibutuhkan. Biasanya, semakin besar tenaga yang dibutuhkan untuk aktivitas fisik maka semakin besar pula waktu tidur yang dibutuhkan. Waktu tidur ini juga bisa disesuaikan dengan rutinitas harian dan kondisi kesehatan yang Anda miliki.

6 hal yang disarankan untuk memperbaiki pola tidur Anda

National Sleep Foundation juga memberikan 6 tips yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Tips-tips ini bisa Anda coba untuk menciptakan tidur yang lelap dalam kurun waktu yang lebih pas.


  1. Milikilah waktu tidur yang konsisten. Bersiaplah untuk tidur di waktu yang sama dan bangunlah di waktu yang sama pula. Bahkan saat akhir pekan sekalipun.
  2. Olahraga ringan sebelum tidur. Sempatkan diri Anda untuk melakukan gerakan-gerakan ringan yang merilekskan tubuh dan bisa membuat tidur Anda lebih lelap.
  3. Menggunakan kasur, bantal, guling, selimut, dan perlengkapan tidur lain seperti weighted blanket yang nyaman. Gunakan peralatan tidur yang membantu Anda untuk bisa lebih menikmati tidur.
  4. Cobalah untuk meminimalisir risiko-risiko yang mungkin mengganggu tidur Anda seperti cahaya atau suara-suara di sekitar kamar.
  5. Hentikan penggunaan gadget 30 menit sebelum tidur.
  6. Hindari kafein dan alkohol pada waktu-waktu menjelang tidur. Kelola asupan dua hal ini dalam tubuh Anda.

Enam hal inilah yang bisa Anda coba untuk menciptakan pola tidur yang baik dan lebih sehat. Cobalah untuk menerapkan keena tipsnya secara perlahan dan rasakan dampak baiknya bagi tubuh Anda.

Tulis komentar

Ingat, komentar harus sudah disetujui sebelum dipublikasikan