Free Ongkir Jawa, Sumatera, dan kota Besar Kalimantan. Cicilan 0% x 12 bulan khusus BCA.

Arometerapi untuk Tidur: Pilihan Aromaterapi yang Membuat Tidur Anda Berkualitas

Minyak aromaterapi dipercaya dapat meredakan stres dan juga menjadi solusi bagi Anda yang sulit tidur atau ingin meningkatkan kualitas tidurnya. 

Dikutip dari Verywell Health, beberapa ahli menduga menghirup molekul minyak aromaterapi atau menyerap minyak tersebut melalui kulit dapat mengaktifkan bahan kimia otak yang terlibat dalam mengendalikan tidur.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa minyak aromaterapi dapat membantu meningkatkan relaksasi. Pada akhirnya, hal ini yang mendorong seseorang tidur lebih nyenyak.

Berikut ini merupakan list dari aromaterapi untuk tidur yang dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak dan memberikan efek menenangkan.


Lavender

Minyak aromaterapi yang paling sering digunakan untuk mengatasi masalah tidur adalah lavender (lavandula angustifolia). 

Dilansir dari KlikDokter minyak aromaterapi lavender dapat menimbulkan efek menenangkan, relaksasi, bahkan dapat mengusir insomnia, sehingga membantu tidur lebih lelap. 

Anda dapat meneteskan minyak esensial lavender ke dalam diffuser untuk dihirup.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati aromaterapi lavender dengan mengoleskan ke kulit, setelah diencerkan terlebih dahulu dengan minyak carrier seperti minyak zaitun. 

Anda juga dapat menyemprotkan cairan yang mengandung aromaterapi lavender ke atas bantal agar dapat tidur lebih lelap. 

Minyak aromaterapi lavender juga dapat dituangkan ke dalam berbagai produk kecantikan, seperti sabun mandi cair, lotion, dan shampoo.


Kayu cedar

Pada sebuah studi yang melibatkan sekitar 40 orang dewasa tua yang memiliki masalah demensia, menunjukkan  bahwa Cedrol, komponen dalam minyak aromaterapi kayu cedar, dapat memberikan efek menenangkan. 

Mereka yang tidur di dekat handuk yang diberi tetesan minyak aromaterapi antara lain minyak pinus, kayu cedar, dan cemara selama 20 hari. Hasilnya, total waktu tidur mereka lebih lama dibandingkan sebelum menggunakan aromaterapi kayu cedar.


Bergamot

Pada sebuah studi yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Clinical Practice pada 2016, para peneliti memeriksa penggunaan minyak aromaterapi (termasuk campuran minyak aromaterapi bergamot dan cendana) dalam 65 perangkat aromaterapi pribadi untuk meningkatkan kualitas tidur.

Hasilnya, dari keseluruhan yang menggunakan perangkat, 64 persen melaporkan peningkatan kualitas tidur. Sebanyak 94 persen partisipan juga mengaku lebih mudah tidur setelah menggunakannya. Adapun 92 persen partisipan mengatakan akan terus menggunakannya saat tidur.


Vanilla

Aroma vanilla tidak hanya membuat kue semakin wangi dan enak. Ternyata aroma vanilla tercatat sebagai aroma yang bisa membantu relaksasi dan meredakan stres.

Aromaterapi ini bisa mengurangi aktivitas berlebih dan kelelahan, menenangkan sistem saraf, dan menurunkan tekanan darah.

Penggunaan aromaterapi vanilla juga ternyata bisa meredakan kegelisahan dan depresi serta meningkatkan mood.


Sandalwood

Dengan perpaduan aroma kayu dan tanah, sandalwood ini mempunyai efek menenangkan dan meredakan kegelisahan.

Penelitian ilmiah juga telah membuktikan bahwa sandalwood sangat efektif meredakan gejala kegelisahan.

Penelitian lainnya membuktikan bahwa sandalwood punya efek menenangkan yang mengurangi waktu terjaga di malam hari dan meningkatkan kualitas tidur.

Dari list aromaterapi  di atas, mana yang akan Anda pilih untuk membantu tidur menjadi lebih nyenyak? Selain aromaterapi, selimut juga dapat membantu tidur Anda menjadi lebih berkualitas. 

Apalagi dengan selimut berat Arter yang menggunakan teknologi deep pressure stimulation yang akan memberikan sensasi pelukan dan tekanan secara merata ke seluruh tubuh, sehingga tidur Anda semakin tenang dan lelap. 

Selimut karya anak bangsa ini dapat Anda lihat di https://arter.id/ dan untuk melihat koleksi lengkapnya click https://arter.id/collections/all

Tidur yang berkualitas akan membuat hidup Anda bahagia dan sehat, lengkapi hal tersebut dengan weighted blanket dari Arter. 




Tulis komentar

Ingat, komentar harus sudah disetujui sebelum dipublikasikan