Free Ongkir Jawa, Sumatera, dan kota Besar Kalimantan.

Apakah Tidur Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh? Ini Jawabannya!

Benarkah tidur dapat meningkatkan daya tubuh? Sebuah pertanyaan menarik yang kerap membuat banyak orang merasa sangsi. Himbauan untuk tidak begadang tidak diucapkan tanpa alasan. Pada kenyataannya, begadang memang menyimpan berbagai dampak negatif. Bagai kotak kado yang berisi tumpukan teka-teki masalah kesehatan di masa depan. Mungkin, saat ini Anda belum merasakan bahwa perlahan imunitas tubuh Anda menurun. Mungkin, Anda juga belum merasakan dampak negatif dari “kotak kado” sebagai efek dari begadang. Namun, pentingnya tidur memang telah terbukti secara ilmiah.


Ketika Anda tidur terlalu larut atau yang biasa orang sebut dengan begadang, Anda telah merubah ritme sirkadian Anda. Anda telah merubah jam biologis yang seharusnya menjadi ritme alami tubuh. Pelan-pelan tapi pasti Anda telah membuat tubuh Anda mengalami kebingungan dengan rutinitas biologisnya. Pelan-pelan tapi pasti Anda telah mengabaikan fakta bahwa tidur dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Sebaliknya, imunitas tersebut terus menurun ketika Anda kerap begadang.

Faktanya, tidur dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Bayangkan saja ketika Anda memiliki tubuh yang rentan penyakit. Sudah berusaha mengkonsumsi nutrisi lengkap dan melakukan usaha lainnya tapi tubuh tetap saja mudah terserang penyakit. Anda mungkin merasa kebingungan kenapa bisa mengalami hal tersebut. Tidak menutup kemungkinan, tidur yang buruk menjadi penyebabnya.


Ternyata pendapat tersebut memang benar, lho. Daya tahan tubuh Anda benar-benar dipengaruhi oleh tidur. Tidur dan ritme sirkadian menjadi dua hal yang berkaitan dan sama-sama berpengaruh pada daya tahan tubuh atau imunitas. Tidur yang baik mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan sebaliknya tidur yang buruk akan melemahkan daya tahan tubuh.


Tidur memang kerap dianggap sebagai kegiatan yang dilakukan secara cuma-cuma. Banyak orang yang menyepelekan tujuan dan manfaat tidur. Kami harap Anda tidak menjadi salah satu orang yang memiliki pandangan demikian. Karena sudah jelas bahwa ternyata tidur memiliki tujuan dan manfaat besar untuk kehidupan.

Bagaimana bisa?

Ini yang dialami sehingga tidur bisa berpengaruh pada daya tahan tubuh Anda:

  • Tidur adalah kesempatan untuk mengistirahatkan diri

  • Sama seperti pemahaman yang ada di sekitar Anda, tidur memanglah waktu istirahat untuk tubuh. Setelah melakukan aktivitas dari pagi hingga malam, tidur menjadi jeda waktu untuk tubuh rehat. Waktu istirahat ini wajib dipenuhi. Anda tidak bisa menipu diri dengan beranggapan bahwa tubuh Anda tidak perlu istirahat. Terlalu memforsir diri akan memperburuk kesehatan Anda. Bukan hanya kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental.

  • Tubuh “menyembuhkan” dirinya sendiri ketika Anda tidur

  • Uniknya tubuh manusia sebenarnya memiliki sistem “penyembuhan” tersendiri. Tubuh Anda memiliki kemampuan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Memproduksi bagian-bagian tertentu yang butuh perbaikan. Mulai dari sistem darah hingga sistem-sistem lainnya. Jika Anda memiliki tidur yang buruk, Anda telah menghalangi proses penyembuhan mandiri yang dilakukan tubuh. Sel-sel yang rusak akan dibiarkan begitu saja tanpa proses pemulihan yang tepat.

  • Tidur melepas hormon-hormon yang tubuh Anda butuhkan

  • Ketika Anda tidur, tubuh memang berada dalam kondisi beristirahat. Namun, tubuh tetap melakukan beberapa aktivitas sederhana seperti mengontrol pelepasan hormon-hormon dalam tubuh. Beberapa hormon yang dipengaruhi oleh tidur adalah hormon terkait mood, stres dan pencernaan.


    Ketika tidur Anda tidak baik maka Anda akan lebih berisiko stres dan memiliki sistem pencernaan yang juga tidak baik. Hal ini juga berkaitan dengan daya tahan tubuh Anda.

    Ayo, mulai lakukan hal ini!

    Sudah menyadari betapa pentingnya tidur untuk tubuh Anda? Setelah membaca artikel ini, Anda jadi lebih paham bahwa daya tahan tubuh juga dipengaruhi oleh tidur. Maka dari itu, mari memperbaiki tidur Anda. Pelan-pelan tapi pasti, cobalah untuk memiliki tidur yang lebih sehat.


    Hindari begadang yang berlebihan dan penuhi kebutuhan waktu tidur Anda. Tidurlah di ruangan yang nyaman dan terapkan rutinitas malam yang menyehatkan. Gunakan perlengkapan tidur yang mendukung seperti bantal yang nyaman dan selimut berat yang membuat tidur lebih lelap. Coba intip beberapa koleksi selimut berat dari ARTER yang dibuat dengan bahan premium dan bisa dibuat secara custom untuk Anda.

    Tulis komentar

    Ingat, komentar harus sudah disetujui sebelum dipublikasikan