Free Ongkir Jawa, Sumatera, dan kota Besar Kalimantan. Cicilan 0% x 12 bulan khusus BCA.

4 Pengaruh Kasur Terhadap Kesehatan Tidur

Pakar kesehatan tidur, Eric J.Olson mengatakan bahwa tidur yang  berkualitas merupakan salah satu cara untuk membangun kesehatan tubuh, sehingga manusia tidak mudah terpapar oleh virus.

Orang yang kurang tidur diketahui lebih rentan mengalami obesitas, kurang berenergi, dan gampang tertular penyakit.

Salah satu langkah dalam meningkatkan kualitas tidur adalah dengan tidur di kasur yang nyaman dan juga tidak menimbulkan gangguan terhadap kesehatan, karena beberapa material penyusun kasur dapat memicu gangguan penyakit fusik dan juga berdampak secara psikologis.

Berikut ini merupakan pengaruh kasur terhadap kesehatan tidur secara fisik dan psikis penggunanya. 

  • Kasur dapat memengaruhi tingkat stres Anda
  • Pada tahun 2009 dilakukan penelitian kepada  59 pria dan wanita  yang sehat. Mereka diminta untuk tidur malam di atas kasur milik mereka masing-masing selama 28 hari berturut-turut. 

    Kemudian untuk 28 hari berikutnya, para responden diminta untuk tidur di atas kasur baru dengan ukuran medium. 

    Setelah masa percobaan selesai, responden diminta untuk menganalisa tingkat kecemasan, stres, sakit kepala, dan indikator depresi lainnya. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa menggunakan kasur baru dengan tekstur dan bentuk yang tepat mempengaruhi kualitas tidur dan level stres.

  • Menjaga agar berat badan Anda tetap stabil
  • Bagi Anda yang berfokus untuk menjaga berat badan, Anda perlu untuk mengevaluasi kualitas tidur Anda secara berkala. Sebab kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan nafsu makan. Dan kualitas tidur yang belum baik dapat dipicu oleh kondisi kasur.  Jika Anda tidak ingin memiliki nafsu makan yang berlebihan, maka penting bagi Anda untuk memiliki kasur yang nyaman yang mempu untuk membuat tekanan lebih sedikit, sehingga saat tidur, Anda tak banyak bergerak. 

    Jika kasur terlalu empuk, tubuh akan tenggelam. Sebaliknya bila terlalu keras, bahu akan tertekan ke atas dan lama kelamaan menjadikan tubuh tidak nyaman.


  • Berpengaruh pada kondisi alergi
  • Bagi Anda yang memiliki alergi terutama pada debu dan tungau kasur, membersihkan kamar tidur setiap hari tidaklah cukup untuk menghindari kekambuhan alergi. Kebersihan juga perlu diperhatikan di area tempat tidur.

    Perlu diingat, selain debu, tempat tidur menjadi tempat menumpuknya sel-sel kulit mati yang berjatuhan ketika Anda berada di atas tempat tidur. 

    Untuk mencegah alergi, sebaiknya rutin cuci bersih selimut dan sprei secara berkala dengan air hangat. Selain itu, bersihkan kasur dari debu dan tungau dengan menggunakan penyedot debu.


  • Kualitas tidur 
  • Ketika tubuh mengalami tidur yang berkualitas, otak dan tubuh akan bekerja dengan optimal mengenali penyakit yang menyerang tubuh. Jika penyakit sudah dikenali, maka daya tahan tubuh akan bergerak melawan penyebab penyakit tersebut. Karena itulah kasur yang menjadikan tidur berkualitas adalah obat untuk semua penyakit.


    Selain kasur, perlengkapan tidur lainnya yang penting untuk menjadi bagian dalam meningkatkan kualitas tidur Anda adalah selimut. Pilihlah selimut yang membuat Anda nyaman, sehingga Anda dapat tertidur nyenyak hingga pagi hari. 

    Anda dapat menggunakan selimut berat dari Arter yang sejuk, halus dan lembut. Serta yang paling penting, selimut berat ini memiliki teknologi deep pressure stimulation untuk memberikan sensasi pelukan dan tekanan secara merata ke seluruh tubuh, sehingga membuat Anda rileks dan tertidur pulas.

    Weighted blanket Arter tersedia dalam berbagai ukuran dan warna-warna yang menarik. Ingin custom ukuran? Tentu saja bisa. Informasi lebih lanjut, kunjungi laman websitenya di https://arter.id/

    Gunakan weighted blanket Arter dan temukan pengalaman tidur yang berkulitas dengan Arter. 

    Tulis komentar

    Ingat, komentar harus sudah disetujui sebelum dipublikasikan